Dibalik Perjuangan Dapetin Skolah di S’pore.

As you guys know, gue uda teriak2 happy di FB kalo Aiden is accepted in Singapore primary school. Mungkin most of you yg bukan penduduk di Spore kagak tau gimana sulitnya and ribetnya process masuk local primary skul disini buat foreigners (gue udah permanent resident disini tapi G and the kids masih foreigners karena ditolak PR applicationnya *udah ditolak tiga kali bok*).

Let me cerita ya ttg pendaftaran skul disini. Sekalian kasih gambaran buat parents yg mao daftarin anaknya (foreigner) masuk Primary 1. Sekalian juga I wanna share how ridiculous the system is sebenernya wkkwkwkw but ya justified sih karena of coz Spore government lebih mentingin Singaporean. Apalagi system pendidikan disini competitive buangetttt.

Sebenernya gue sih pingin Aiden di christian school/homeschooling. But ya of coz gue masih belon siap karena gue masih kerja fulltime. And Tuhan masih belon bener2 ngomong dengan jelas sih kalo He wants me to homeschool Aiden. Belon ada strong conviction for that. Cuma my heart desires aja that I want Aiden to be schooled secara kristen. Apalagi sebenernya gue ga suka banget system edukasi nya Spore. Emang bagus academically (top 10 in the whole world), but I’m worried it will be too much pressure for him. Ini aja di kindergarten uda ada test English ama Chinese tiap minggu coba. Masih TK enol besar gitu lho *sebenernya maminya yg stress setiap ada test wkkwkwkw*.

Tapi karena Tuhan belon bener2 ngomong ttg homeschool, gue daftarin dulu ke local primary school. Kalo jalan itu ketutup, ya berarti emang Aiden arahnya ga kesana wkwkkw.

Nah jlimetnya system pendaftaran primary skul itu kayak gini.
Sebelon tgl pendaftaran, Ministry of Education Singapore (MOE) kuarin daftar sekolah2 primary dan how many seats available for Primary 1 (SD kelas 1) in that skul.

Jadi misalnya, (contoh) Sambel Primary School  buka 150 available seats for that year.

Pendaftaran dibagi dalam 3 Phases.

Phase 1, misalnya Agustus: pendaftaran cuma dibuka buat Sporean kids. Jadi orang tua Sporeans berbondong2 register their kid to their preferred skul (cuma boleh register ke satu skul). Misalnya Sambel Primary Skul ini sangat famous, pasti banyak yg mo register. Dan ke filled up deh vacancy nya, alias no more empty space in that skul. Dan MOE yg bakal milih sapa yg masuk, salah satu kriterianya adalah mereka yg tinggal less than 1km from the skul. Smakin jauh rumah loe dari sekolah itu, smakin kecil your chance to get into that skul. Ga sedikit ortu yg beli rumah deket skolah bagus even before anaknya lahir for this reason.

Trus misalnya 150 seats itu udah keambil, dan yang daftar padahal 200 kids. So 50 sisanya akan dilempar ke Phase 2.

Phase 2: Pendaftaran buat Singaporean kids yg belon dapet skul (sisa Phase 1 tadi) & juga yg udah Permanent Resident. Mereka akan daftar ke skolah yg masih ada vacancy. (MOE akan nguarin daftar baru skolah yg mana yg masih ada spot).

Nah kalo semua Sporean kids and PR udah dapet spot, MOE will issue another list of schools yg masih ada vacancy buat Phase 3. Phase 3 ini buat para foreigners (Aiden). Nah in this Phase for this year, kita ga dikasih tau ada berapa seats of vacancy in that skul. Jadi kalo misalnya, Terasi Primary School sebenernya cuma ada 30 seats left, tapi 100-200 orang yg register kesana, ya the rest bakal dilempar ama MOE ke sekolah lain yg masih ada vacancy. MOE will make the decision for us which school our kid should go to regardless loe register/tinggal dimana. And this decision is final. No appeal allowed.

Ga sedikit yg dilempar jauhhhh banget lokasinya dari rumahnya. Malah yg ridiculous, ada yg anak pertamanya di skolah X, misalnya. Anak keduanya diregister ke sekolah yg sama donk biar gampang. Eh ama MOE, anak keduanya dilempar ke skolah Y yg lokasinya jauh.

Ada lagi kasus yg twins. Parentsnya daftarin mereka disatu skolah, sebut aja skolah K. Eh MOE lemparin satu twin ke skolah X, twin yg satu lagi ke skolah Y, yg lokasinya berjauhan. Kagak make sense kan. Gimana ortunya mo jemput/anterin mereka kalo jaraknya jauh2 gitu.

Nah jadi setelah registrasi Phase 3, kita masih harus nunggu selama 2 bulan buat hasilnya. Gue kan ikutan FB group Parents for foreigner kids di spore skul. Nah dari pengalaman2 mereka bertaon2, ternyata normalnya every yearly intake hampir 80-90% foreigner kids ga dapet local skul di Spore. Most of them harus ambil international skul (kalo duit mencukupi) atau homeskul. Or some anak ambil lagi kindergarten sambil private tuition, nunggu next year register lagi buat Primary 2 (SD kelas 2).

Nah for us, international skul udah pasti ga mungkin. Harganya per bulan $1500-$2000 (kira2 15-20 jt/bulan). Gile bok.

Sebelon Phase 3, gue itu agak2 dilema Aiden mo diregisterin ke skolah mana. Karena cuma boleh register ke satu skolah. Kalo ga dapet, bakal dilempar ke skolah mana pun ama MOE, bisa jauh banget lokasinya. Jadi sepertinya kayak gambling milih skolahnya kwkwkw.

Trus gue tanya Aiden: which skul u want to go?
Aiden: Nearest to home…
Gue: Have three choices, Jing Shan primary, Mayflower primary or Townsville Primary.
Aiden: Oh I WANT MAYFLOWER!!!
Gue: Why???
Aiden: Because I like flowers!!!!

So yah gue jadi register ke Mayflower haha. Karena gue ga bisa mutusin, jadi gue let Aiden choose hahaha. And somehow ada a little voice keep talking to me, “just ask Aiden and follow what he wants” kwkwkwk.

On that day of registration, ternyata ada kira2 200+ an foreigners yg daftar di Mayflower. Wah banyak saingan! So kalo vacancy nya cuma 10, piye rek kwkwkwk. But yah gue daftar aja, kalo ga dapet, ntar aja dipikirin wkkwkw.

So makanya gue deg2an pas udah memasuki bulan November, karena hasilnya akan dikasih tau bulan ini. Tiap ari gue cek mailbox karena MOE bakal mail the letter of acceptance or rejection. Di FB group yg tadi gue bilang, udah mulai banyak yg update their registration status. Ada yg ditelp skolahnya, ada yg dah terima MOE letter. Almost 60-70% are rejection letters (jadi ga dapet skul sama skali). The rest are accepted tapi dilempar kesekolah laen. Ya of coz gue deg2an donk! Dari about 100-200 parents yg digroup itu, hampir semuanya dilempar ke skolah lain. Paling cuma satu, dua yg dapet their skul of choice.

Trus gue bilang sama Aiden..

“Aiden, u know what. What if you dont get into Mayflower? What if God want u to be in other skul?”

Maksudnya supaya dia ga kecewa kalo ga dapet. Preparing him for the worst lah.

Aiden: I only want Mayflower!!!
Me: But how about another skul?
Aiden: NO!! I only like Mayflower!!
Me: Why?
Aiden: Because I like flowers!!!

*ngotot aja dia*

Trus kalo kita lagi naek bus, and ngelewat skulnya. Dia selalu bilang, Mommy!! Thats my skul!! wkwkkwkwk.. so ya wes loh. Gue sih agak concerned kalo dia ga masuk, ntar dia jadi heartbroken…but ada little voice yg bilang ke gue ‘that is the faith of the little one, just wait and see’ wkwkwkwk yo wes.

Gue nunggu tiap hari for the result. Kmaren tiba2 gue liat tanggalan, wah udah mau deket December nih, setau gue bentar lagi ada skul orientation. Kayaknya hari ini bakal dapet kabar, kayaknya hari ini gue bakal ditelp skulnya.

Trus jam makan siang gitu, tiba2 ada nomer tak dikenal masuk. Wah gile gue deg2an banget, mungkin ini dia!!

Ternyata telpon salah sambung! Nanya apa gue ini National Geology Analyst… kwkwkw apa lah..

Sehabis gue tutup, ada telpon tak dikenal lagi masuk. Gue uda mikir wah ini orang salah sambung lagi kayaknya. Pas gue angkat, gue uda mo bilang, “wrong number again.”

Eh ternyata suara ditelpon agak2 beda. Ternyata dari Mayflower and Aiden diterima!!! Gile gue ga nyangka bangetttt!!! Sampe gue nanya beberapa kali, is this really from Mayflower???? U really from Mayflower???? sampe orangnya ketawa wkwkwkwk.

So yeah, there you go. Another chapter in Aiden’s life. Primary School Life. Sebenernya jujur gue ada worry nya, aduh gimana ini skul bukan skolah kristen. Kuatir kalo Aiden diapa2in diskolah, kuatir kalo kena pergaulan jelek, kuatir ini itu wkkwkwk. But yah, I believe this is where God wants him to be right now. Ga smua Christian kids panggilannya harus di Christian skul. Some of them are called to be a sheep in the midst of wolves. Gue kuatir juga, aduh anak gue lembut hatinya gini, dikit2 nangis, ntar kalo dibully di skolah piye kwkwkwk.

Yah namanya juga hati seorang ibu.
But God knows and I can trust Him to take care of my kiddo in the midst of wolves.

And kata2 yg terus mengiang ke gue sampe hari ini adalah…

‘the faith of the little one’

He completely refused other schools, either that is faith or just plain ngotot. If God gives such faith to Aiden to be in Mayflower, God must have a plan for him there. A promise from Him… for me, as a mom, to hold on to. When things get tough in that school (and I know it will), this is a reminder for me to keep holding on. To not give up.

Until God says to move on… hehehe.

0 Responses to “Dibalik Perjuangan Dapetin Skolah di S’pore.”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

