Retret cewe2 ala Pearl Magazine

So, blog kali ini ceritain ttg Majalah Pearl Retreat kmaren. Karena banyak yg nanyain, “how is it”… jawaban gue selalu, “ntar deh gue blog” abis males ngulang2 terus hehehehe.

So, retreat ini awesome coz isinya cewe semua wkkwkwkwk. And amazingnya, kebanyakan dari kita ga kenal satu sama lain, and dateng dari beberapa pelosok Indo dan diluar Indo. Some cuma kenal di dunia maya. Pesertanya kebanyakan para bloggers and blog readers.

Jadi asal mulanya, Pearl Magazine ini berdiri beberapa tahun lalu (3 years?) gara2 beberapa bloggers punya hati untuk Christian Indonesian women online magazine. Teamnya semua volunteer, writersnya, designersnya, editornya. Gue bukan team Pearl tapi ada beberapa kali mereka minta gue nulis articles for their magazine. We all know each other because of blogging🙂

Nah one day, salah satu pencetus Pearl yaitu, Sarah Eliana, bilang one of her dreams is to hold a retreat for Pearl Magazine, eh ga disangka2 banyak yg antusias. So terjadilah retret kmaren.

Yg amazingnya, ada beberapa peserta yg bela2in terbang dari Singapore, Surabaya dan juga Kalimantan Barat hanya untuk menghadiri retret ini. Yg tinggal di KalBar itu wah udah tinggalnya di in the middle of jungle, karena dia kerja di perkebunan kelapa sawit. Jadi yah terpencil gitu deh tempetnya. Tapi dia bela2in jauh2 menempuh perjalanan hanya untuk dateng retret. Dan ada juga banyak yg dateng sendiri aja tanpa kenal sapa2. But they are so blessed by the magazine and also the bloggers, so mereka memberanikan diri untuk nekat aja dateng sendirian kwkwkwk. Ada yg nitipin anak2nya ke ortu untuk beberapa hari etc wkwkwkk.

Ada salah satu cewe yg kesaksian pas retret itu. Dia bilang dia itu sering jatuh bangun dalam perjalanan ama Tuhan, and pas dia ketemu our blogs, dia itu kayak amazed, “ternyata ada yah wanita2 Allah yg dipake luar biasa..” wkkwkwkwk. I dunno, I just found that statement menggelitik hehe. Sampe segitukah pesimisnya atas wanita2 Allah jaman sekarang dimata anak2 muda?  I just wanna say, YES MASIH BANYAAAKKKKK, dan kamu adalah salah satunya🙂

Di hari pertama, gue sharing the word of God di sesi pertama dan kedua. Sesi pertama, gue membahas ttg  The Power Of God. Intinya, Tuhan Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia. When He became human, he was powerless, but when He was baptised in water and in Holy Spirit, BOOM, Dia langsung bisa melakukan banyak mukjijat. Dan banyak orang yang jadi tertarik ikut sama Dia. So the point is, without Holy Spirit, kita itu kristen yg powerless. Kayak mobil yang ga ada bensinnya. So this session, kita doain para peserta buat baptisan Roh Kudus, supaya mereka punya POWER untuk continue the work of the Lord. Ga jatuh bangun terus.

Dan Tuhan Yesus itu Tuhan dan laki2 yang sopan. Dia ga pernah memaksa kita untuk menerima KasihNya. Tapi Dia selalu mengetuk dan menawarkan kasihNya. Di penutupan sesi ini, para peserta dibagi beberapa kelompok. 3-4 cewe pergroup bergandengan tangan dan saling mendoakan. (nah gue agak lupa, session 1 & 2 penutupannya yg mana duluan, pokoknya penutupan sesi ada doa baptisan roh kudus, dan ada yg dapet bahasa roh. Ada juga mendapatkan pelepasan dari masa lalunya. G juga doain mereka satu persatu dan give them specific word of the Lord) Yah karena ini retret cewe semua, banyak yg bercucuran air mata dan mengalami pelepasan. Praise God! wkwkkwkwk

Session kedua, gue itu sebenernya dikasih topik sama team, “apa penghalang kita deket sama Tuhan”, what are the hindrance gitu. Jawabannya biasanya adalah, ya karena comfort zone, males, sibuk etc. But to sum it all, sebenernya itu smua point to ‘karena roh kita yg lemah’. Karena roh kita lemah, kita gampang distracted. So gue share ttg how to build your spirit, gimana bedain suara Tuhan, suara kita dan suara iblis. I also share about how the devil work in our lives, so kita ga tertipu lagi ama muslihatnya.

Terus session malemnya, si G lead praise n worship sebentar then ada session tanya jawab. Peserta bisa tanya apa aja sama gue and G. Ada yg nanya ttg gimana cari spiritual leader, ttg panggilan dan yg paling seru adalah pertanyaan2 pasangan idup of coz. Kita juga ditanya2in ttg our love story since some of them know about my blog. Ada salah satu peserta yang nanya ttg  pasangan idup, “Buat cewe2 yg sedang mencari pasangan idup, bagaimana kita bisa tahu yg mana domba2 jantan yg ada digereja  yang patut didoakan? I mean kriteria apa yg kita bisa liat dari hidupnya?” Throughout sesi tanya jawab, kita semua ketawa terus kalo ada term ‘domba jantan’ wkkwkwkwk I love that term!

Then the next day, session trakhir, sessionnya G bagi firman. Yah dia mah preaching gitu deh. Trus abis makan siang, kita pulang. Maap untuk mereka yg minta sessionnya direkam karena tiba2 mereka batal ga bisa ikut. Ga bisa direkam tuh soalnya pas coba rekam, ternyata hasilnya jelek banget. Karena ruangannya bergema so ga kedengeran. Maybe one day, I will blog abt topik2 yg gue bagiin dengan lebih dalem.

Sooo, at the end what happened is: semua peserta di encouraged to keep in touch with their group after the retreat, through Watsapp group apa FB. Karena within that group, mereka ada session dimana mereka saling sharing, ada yg sampe nangis dan juga saling mendoakan. These groups are supposed to strengthen each other. So my final message to them, is for them to be an accountability sister to each other within the group. Karena some of them ga punya that kind of support in their community so they definitely need that.

Gue juga terbeban untuk mentor beberapa cewe dari retreat ini. Dan my calling smakin ke-confirm. Tenkiu for Pearl Magazine once again for being faithful doing the work of the Lord. Padahal simple banget ya, dari cuma suka2 nulis di blog jadi bisa bikin online magazine and bisa bikin retret. Banyak peserta yg minta ini dijadiin event tiap tahun. G and gue yakin banget that this can be women movement in Indo. Kita terus doain buat Pearl Magazine yang udah menjadi berkat buat banyak cewe2 Indo di Indo dan juga di luar negri. Kalo dipikir2 luar biasa, karena pelopornya kan ibu2 muda, yang kerjanya kebanyakan ngurusin anak dirumah, but still they can impact the world from their homes🙂 God bless u, Lia, Grace and also Sarah Eliana and also the team members yg masih single2 hehe. We have seen the fruits of your labour.🙂

Tenkiu banget juga panitia retreat from Pearl. Buat Felisia Devi, yg bolak balik anterin/jemputin/nemenin shopping di Mangdu/beliin makanan kita/nemenin Aiden. And juga Viryani, Dhieta and Stepgun yang suapin dan nemenin Aiden gunting2 kertas selama kita isi session. Dan juga Eunike, for being cute…wkwkwkwk…

Seru ketemu para blog readers yang laen. Yg selama ini cuma tau dari komen2 mereka and juga lewat FB. Some gue kagak bisa ngenalin karena potonya and orang aslinya tampangnya bedaaaaa heuaHEuHAEea. Sorry kalo gue ga gitu mengenali kalian smua ya hehe.

I’m also very much blessed oleh cerita salah satu peserta yg namanya Yudith. Ternyata dia full timer, melayani di satu HOME yg nampung 450 anak2 jalanan di JKT. Waktu gue balik ke Spore, gue liat videonya, wow it is such an amazing ministry! Bener2 ga gampang man, pelayanan seperti itu, tinggal sama mereka dll. Yudith cerita, dia dipanggil Bunda kan sama anak2 ini. Sometimes, anak2 jalanan ini dateng ke HOME subuh2 dan curhat. Dan mereka ga bisa donk refuse these kids who come to them, meskipun subuh2. Kadang2 udah cape banget but yah God enables them to minister to the kids.

Gue cantumin disini yah videonya.


I hope, we can bring our mission team kesana one day🙂

12 Responses to “Retret cewe2 ala Pearl Magazine”


  1. 1 Clarissa Mey August 19, 2014 at 5:27 pm

    bener2 retret yg memberkati yah🙂 I hope one day I can be a woman like you guys in pearl.. keep inspiring and blessing others ^^

  2. 5 yunie August 20, 2014 at 12:40 pm

    So blessed by the retreat ci
    n gue sebelumnya lom pernah mampir sini, baru baca blog u n gue ubek ubek n i am so blessed by it

  3. 7 ananda August 20, 2014 at 3:52 pm

    hahahha… iya deh yg lagi hamil muda…waiting 4 postingan per sesion ci tertarik sama yg sesion 2… banyak yg begitu apalagi yang udah dewasa muda (pekerja)..😉

  4. 9 Lenna August 22, 2014 at 11:36 am

    😀 ahaaaa, mau donk ci ogut di mentoring jugaaaa ^-^

    • 10 nelotte August 22, 2014 at 11:40 am

      HUEhAUEhAUEhAEUh yakin loe? loe kayanya udah saatnya mentorin orang HAEUhAUEHuHAE btw emang loe ga ada mentor?

      • 11 Lenna August 22, 2014 at 2:03 pm

        Antara ada dan tiada hahahahahaa😀 bisa dibilang udah gak ada sejak melepas status lajang😛 mentor ogut di jakarta masih single dan udah jarang kontak , brgkali dia merasa ni anak udah menikah, dunianya udah laen ^_^ wkwkkwkwkwkwk

  5. 12 Felisia September 13, 2014 at 9:55 am

    cici baru sempet baca post mu,
    Thank you ya buat pelayananany di 1st ret2 majalah Pearl.. and my pleasure bisa sdkt hospitality ci2 and keluarga..
    klo ke Jakarta lagi info aja, dgn senang hati aku service again..heheh
    will be meet again yak at another pelayanan or mission…amiennn…heheheh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

%d bloggers like this: