Roh & Jiwa :P

Gue lagi baca buku judulnya ‘Manusia Rohani’ by Watchman Nee. Luar biasa isinya. Baru separoh sih gue bacanya. Tapi gue ga bisa stop reading. Dalem abis, bener2 harus konsen bacanya.

Ini buku ada 3 seri, tebel2 lagi. Gue baru baca halfway yg pertama. Bahas ttg roh, jiwa dan tubuh. Ttg kematian roh, peleburan jiwa dan roh, and orang2 Kristen yg masih dikuasai daging. Banyak firman2 Tuhan yg dibuka ke gue sih. Pokoknya seru banget bukunya. Very much recommended.

Anywayss, akhir2 ini gue smakin ke beban untuk mempertajam kebenaran Firman dalam diri gue. The reason is, smakin gue ngajar Bible class, smakin gue merasa bahwa gue bener2 harus mendalami Firman. Iya lah, ceng li.😛

Kan ada 5 karunia kepemimpinan dari Tuhan kan, yaitu: rasul, nabi, gembala, penginjil and guru.

Mr. K kmaren pernah mention, that for him, the hardest is not to preach, coz almost everyone can preach, but apa yg diajar itu yg akan dituntut oleh Tuhan. Nah itu dia, that’s what I feel lately. Gue akhir2 ini doanya minta itu sih hehehhee, supaya kebenaran Firman smakin kuat dalam idup gue, so gue ga sembarangan ngajar.

Karena ya itu, gue harus lebih berhati2 coz those that I teach, terutama youth, kalo gue ngajarnya salah, mereka pun juga bakal ngawur. And gue juga asking God, kalo ada yg kurang, let the Holy Spirit yg memperlengkapi, make them lebih ngerti gitu deh. I guess this is all by His Grace lah, gue mana tau smua jawaban sih.😛

Apalagi kmaren ini gue preaching for the first time , smakin ngerti aja tuntutan Tuhan for preaching and teaching gitu supaya gue sendiri ga ngawur. Rada2 menyeramkan. But yah, I can only depend on Him lah for His wisdom keluar dari gue.

And gue ngerasa, no wonder Tuhan beberapa bulan lalu ngomong that Dia bakal hancurin ‘keAKUan’ gue. So bener2 no more of me, but all of Him. Dengan gitu, gue bisa ngajar sesuai dengan His Word and Spirit. Ga tercampur aduk ama my own self gitu. Ya masih in the process sih.

In that book juga, si Watchman Nee bilang that kita sebagai orang Kristen harus bisa membedakan roh dan jiwa kita. Lately gue emang diajarin lebih lagi ttg itu. Yg bulan lalu gue nangis2 selama 2 hari itu, gue belajar that saat itu emang jiwa gue ngerasa sakit bgt and maonya berhenti aja, tapi my spirit berkata lain. So yah, gue skarang lebih blajar to bedain yg mana desakan jiwa and desakan roh. Jiwa berdasarkan dengan apa yg terlihat dan dirasakan, but roh berdasarkan atas Firman Tuhan gitu.

No wonder juga that Mr. K always says that dia ga mao terpengaruh dengan kondisi dan situasi. Thats where you learn to depend and be sensitive to the spirit. Gue jadi tambah ngerti what he means.

Hehe dalem ya postingan gue kali ini😛 . Gue lagi pingin aja nulis yg dalem2.

Btw,

Question of the day:

(yg gue terus pikirin since last year tapi sampe skarang gue ga dapet-dapet jawabannya)

Kenapa instant noodle indo dinamain mi goreng padahal jelas2 direbus?
Yg come up with a gud answer bakal menang hadiah Semalam bersama Budi. *gue demen bgt bagi2 hadiah ini*

Pas di pukat,
“hayoo sapa yg tau jawabannya, gue kasih hadiah ‘Semalam bersama Budi!!”

Pas lagi preaching,
“hayooo sapa yg bisa jawab, hadiahnya ‘Semalam bersama Budi!”

Pas lagi acara Family Fun Day,
“hayooo, sapa yg menang, dapet hadiah ‘Semalam bersama Budi!”

And as you guys expect, up until now ga ada yg mao claim hadiahnya. Hihihi😛

6 Responses to “Roh & Jiwa :P”


  1. 1 rubenmnk June 5, 2008 at 2:57 am

    wuihhhh….. dalem bgt bahasannya..😀
    well.. intinya kita harus lebih peka terhadap panggilan Tuhan,,
    dan bisa membedakan mana keinginan Roh dan mana keinginan daging.. so lets holy spirit work…

    SOLI DEO GLORIA!!!😀

  2. 2 nelotte June 5, 2008 at 3:45 am

    Gue kmaren lanjut lagi baca bukunya..
    dibahas ttg orang2 Kristen yg jiwani (bersandar pada jiwa, bukan daging). Daging pun ada perbuatan baik, dan jiwa bisa tercampur aduk dgn perbuatan baik daging. Dan perbuatan baik daging itu keliatannya baik tapi membawa maut. hAUEhAUEhaUeh Lebih dalem lagi man… Wah gile bener, gue terjengkang2 bacanya and smakin ngerasa manusia itu (termasuk gue) ga ada bagusnya deh HAUEhAUEhAUEhaEe.. bener2 butuh the grace of God.

    Gue ketusuk2 dari atas bawah kanan kiri pas baca bab ini. Kena smua sampe ampun2 deh gue😛

    Selagi baca bab itu, yg keluar dari mulut gue bolak balik cuma bisa “terkutuklah perbuatan2 gue yg bersandar pada kekuatan diri sendiri”… and smakin ngerasa emang gue cuma bisa berkenan ama Tuhan karena kasih karuniaNya. Saat gue smakin sadar itu, gue cuma bisa ngomong “haleluya Jesus” for Your Grace for me.

    Maybe kalo gue tergerak (skarang sih udah lumayan), gue bakal tulis apa yg ditulis dibab itu. An eye-opener and bener2 menusuk jiwa dan roh HAUEhAUEHUAEe..

  3. 3 Ws June 6, 2008 at 4:38 pm

    Hi Nelly,

    um this is why that many man can easily become a pastor lately..

    because they don’t know how to preach with the truth

    they just follow their own truth (just follow their own opinion), so that is not God’s true word

    not just the pastor, but all human that preach God’s words

    Yup.. false teaching

    hehehe sama2 belajar yukk
    aku juga lagi belajar mencari kebenaran..

    ^^

  4. 4 nelotte June 6, 2008 at 4:53 pm

    yup….

    this is a very humbling lesson from Him..

    Maju terus man!!!!😀

  5. 5 nama yg paling sering disebut di blog nelly ya gua laaaa si septy yg murah hati June 10, 2008 at 7:00 am

    jawaban quiz lu apa? gua lg males mikir… dan ga mau dapet ‘hadiah’

  6. 6 nelotte June 10, 2008 at 7:17 am

    masa loe ga mao hadiahnya sep?? lumayan loh, daripada malam2 loe sendirian skarang dirumah baru. HAEuhAEUhAUEhuaheAEHA😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

%d bloggers like this: