Sumba Mission Report!

Yo I’m back.. and…gue jatuh cinta ama SUMBA!!!!

Soooo beautiful bangetttt. I dont mind staying there for a month hehe. I also met with new cool friends from skolah Theologia yg disono. Pokoknya gue demen banget ama Sumba lah. Apalagi dimana2 bisa keliat kuda HAUEhAUEhAEe.. ada kuda liar sgala. Kayak lukisan abis. Tapi katanya sih emang bulan Feb musim ujan jadi ijo semua. Biasanya kering and tandus.

Banyak yg nanyain gue gimana Sumba, so here it is the day by day report. Very interesting mission trip and I learnt a lot! Entry blog kali ini emang panjang banget, tapi Sumba itu sangat2 menarik. Read on ya.. baca sampe abis. Tau ga gue spent 3 days for this blog, siapin poto2nya, videonya, nulisnya. So you better read it sampe abis! HAUEhUAEhuAEHe

DAY ONESabtu
Met up with the rest of team yg dari Spore di Changi Airport. Para dokter and medical student. Flew to Denpasar to meet the rest of team yg dari Indo. And most of us baru ketemu for the first time. Had dinner in a nice restaurant di Bali.

DAY TWOMinggu
Pagi2 berangkat ke Sumba. Naik pesawat kecil and cute, yg cuma ada abt 50 seats. Perjalanan pesawatnya kayak naik bajaj, so rough. Si Tony yg duduk sebelah gue lumayan beberapa kali pucet and komat kamit hAUEhUAEHuAEe. And gue duduk tepat disebelah baling2 pesawat. Liat nih…

p1030918.jpg

Tiap kali gue liat tuh baling2, gue selalu imaginasi kalo tuh baling2 bakal lepas and nancep di leher gue hAUEhuAEHuAEe… *kebanyakan nonton horror*

Lucu pesawatnya mampir dulu ke kota kecil lain, nurunin penumpang, then baru terbang lagi ke Waingapu. Kota yg kita tuju.

Then we had dinner di pinggir laut, makan ikan bakar. Yummy. I found out that the best part of mission is always the FOOD. HAEuhaUEhuAEHAE..

DAY THREEMonday

Breakfast dirumah Pastor Andreas. Gembala Sidang GBI Waingapu. Rumahnya asik banget ada piara kuda, ayam, kambing, cattle.

Ini gue berusaha ngerayu kudanya makan dari tangan gue hehehe.

2270890979_64268fe045.jpg

And dia mao loh, and so jinak banget, gue elus2 diem aja…

Then gue liat kuda2nya disana keren man, mereka di branded kayak gini.. liat deh ada salibnya. Dasar kuda kristen hehehe

p1030932s.jpg

Abis makan, some pegi ke desa for pengobatan, and some with me pegi ke SMA for the seminar. Disini gue lumayan deg2an. Coz this is the first seminar abt Love, Sex and Dating yg gue lakuin sendirian. Waktu di Summer Mission kan rame2 ama anak2 lain.

But thank God, it went well. Anak2 SMA nya responsive banget.
After the seminar, Tante Enny, pastor dari Jakarta, bilang ke gue ‘wah kamu itu dikasih karunia ama Tuhan untuk berceramah’.. HAUEhAUEhuAEhuAEe.. ya tenkiu lah Lord…😀 Dikasih karunia kayak gitu gue ga nolak hAUEhuAEHuAHEe.😛

Then kita mao nyusul para dokter yg di Desa Lairuru yg jauhnya 1 1/2 jam. Eh pas udah ditengah2 perjalanan nih, kita ditelpon and dibilang ga usah kesana coz ujan and jalannya licin berlumpur. So yah akhirnya ama si Timmy, anaknya Pastor Andreas, kita dibawa jalan2 ke desa Redang. Ini desa sangat2 menarik. Kita pergi ke daerah tempat tinggal bangsawannya.

Ini poto2 bangunan yg dipake buat worshipping their gods.

p1030955s.jpg

Kalo keluarga bangsawan ada yg meninggal, ditaruh didalam ruangan itu buat disembah. And mereka ga bakalan kubur tuh mayat sampe hartanya terkumpul banyak. Coz for them, mereka lebih menghargai kuburan yg megah. So they mummified the corpses. Sampe harta terkumpul and at the end, mayat2nya and harta2nya dikubur bareng didalam kuburan yg sama.

Ini poto interior of the buildings. Gue poto dari luar, coz kita ga boleh masuk. Liat dari luar aja gue udah ngerasa sooooo heavyyyyy. Ga enak banget lah perasaan gue.

This is where they put the mummies.

p1030977s.jpg

Ini kuburan para bangsawan. Salah satu adalah kuburan ratu.

p1030970s.jpg

Nah poto kuburan yg dibawah ini sangat menarik ceritanya.

p1030971s.jpg

Gue ga tau taon brapa dibangunnya. But when it was built, prosesnya memakan 40 nyawa. Ceritanya begini, u guys see the big rock on top? yg digunain as the roof of the tomb? Itu mereka bawa dari gunung. Ditarik pake rope. Kan ada yg tarik dari atas, and ada yg dorong dari bawah. Nah pas narik di slope gunung, tali atasnya putus and nimpa ke mereka yg dibawah yg berjumlah abt 40 people. So they all died. And dilaporin ke polisi as an accident. But sebenernya, it wasn’t an accident. Tiap kali ada pembangunan kuburan bangsawan, mereka harus mengorbankan manusia. And that 40 people yg meninggal tersebut jadi tumbal/korban. So yg diatas itu emang sengaja potong talinya. Orang2 dibawah itu smua nya their slaves. Nah Sumba ini adat slaverynya masih kuat banget. Mereka yg jadi budak, mereka sekeluarga jadi budak seumur hidup sampe mereka bisa membayar beratus ekor sapi or emas or emang tuannya sendiri mao merdeka in mereka. Sampe sekarang adat ini masih berlaku kuat.

And gue dikasih tau ini semua ama student Theology nya Waingapu dengan bisik2, coz mereka penduduk2 sono pada ngeliatin AHEuhAUEhuaEhae.. dikirain kita cuma turis gitu, jadi dibiarin. Mereka seneng ada turis dari Spore.😛 Soalnya ga banyak orang luar yg dateng ke desa mereka.

Ini patung2 didepan rumah mereka, yg mereka sembah.

p1030968s.jpg

Photo below. Tiap depan pintu rumah bangsawan ditaruh tengkorak sapi asli. Smakin gede tanduknya smakin tinggi derajatnya.

p1030959s.jpg

Gile.. gue baru tau sapi tanduknya bisa sampe segede itu.

Rumah dibawah ini udah berumur 200-300 taun an. Rumahnya ratu.

p1030967s.jpg

Salah satu murid skolah Theology Waingapu yg pegi ama kita, dia cerita sejarahnya desa Redang ini. Waktu jaman penjajahan Belanda dan Jepang, cuma desa ini yg satu2nya tidak berhasil dimasuki and ditundukkan ama Belanda and Jepang gara2 magicnya kuat banget. Mereka practice witchcrafts etc etc lah. And ratunya sangat2 kuat in that. And that house was where she lived.

Ini dindingnya, terbuat dari kulit binatang, tapi pas gue pegang keras banget kayak batu.

p1030980s.jpg

Dah ga keliatan kayak kulit binatang kan.

DAY FOUR
Seminar lagi gue, kali ini di SMP. Went well juga. Praise God.

After that kita ke desa Kebandang, nyusul dokter2. Nah disini gue baru ngeliat Dr. Goh and Dr. Danny in action. Dr. Goh ini dokter THT, kalo Dr. Danny is a dentist. Dokter Goh udah ke 7 kalinya misi ke Sumba, and dulu2 selalu adain operation. Kalo udah operate, dia tuh bisa dari jam 9 pagi sampe 9 malem. Dr. Danny juga udah ke Sumba 5 kali, dia ama Tante Maria (another dokter gigi) pernah cabut gigi sampe 100 orang each in one day. Gila bener. Tapi kali ini Dr. Goh cuma ngadain pengobatan umum aja.

And here I was so touched to see them. Gue tau mereka tuh kaya banget. Bayangin aja dokter Spore dari Mt. Elizabeth Hospital, tapi mereka maooo banget ke desa2 terpencil. And Dr. Goh ini sampe biayain renovasi skolah Theology and dormnya. Yg gue tau dia udah nyumbang yg pertama 120 juta rupiah from his own pocket. Itu yg gue tau, ga tau lagi yg gue ga tau. And he is sooo nice and humble banget. Demen banget gue ama dia. He also adopted one kid from Sumba yg dia biayain operasinya gara2 gondok yg reach sampe ke perut anak itu. Kalo mao baca the story click here.

Gue touched banget lah liat mereka. Apalagi si Andy, yg medical student, yg udah 5 kali ikut. And he is pretty young, umur 20 kalo ga salah. Tapi udah bener2 terjun and help out. Tau sendiri lah, umur segitu kan biasanya masih pingin maen2. This is him… doing his best to help.

2271591258_5eddc33d4c.jpg

Kalo dia ga ngerti the condition, dia nanya Dr. Goh yg disamping dia. And Dr. Goh itu guru dia di National University of Spore. Dan mereka yg bisa masuk jurusan kedokteran di Uni ini termasuk top students, coz cuma ada 150 students per year yg bisa masuk from both the whole Spore or from other countries. So he is very special🙂 Gue suka banget lah liat anak2 muda yg kayak gini.🙂

Here is Dr. Danny lagi cabut gigi.

p1040037.jpg

DAY FIVE
After breakfast, kita ke Prison, mao adain ibadah. Lumayan surprised juga coz kita boleh take video and photos di dalem.

Pertama kali masuk tuh prison, kita liat ada chart/diagram disalah satu ruangannya. Di diagram itu ada beberapa warna, nah yg paling tinggi itu warna biru. Pas diliat lagi.. ternyata di prison itu yg paling tinggi statistiknya, yg warna biru itu adalah pembunuhan. Wow, gue langsung merinding… hehehe But it was a nice prison, bagus gitu tempetnya.

Then kita masuk ke ruangan dimana kita akan ngadain ibadah. And para convicts/tahanan udah duduk dengan rapi nungguin kita. On the seconds gue masuk to that room, gila gue langsung ngerasa heavy banget. Ga damai banget man. Their eyes were like piercing looking at us. Serem abis.

Suasana krasa tegang banget. Then Ko Joni, our worship leader, ngajak mereka nyanyi to start the ibadah. Mereka tepuk2 tangan dengan tampang serem gitu hAUEhuaehuaee. Then Ko joni bilang gini, “Ayo donk, kita tepuk tangan, dan senyum donk..” and no one smiled. Sampe ko joni mesti ngomong 3 kali ttg senyum, baru ada satu dua yg managed to smile. Then saat dia asked them to salamin kiri kanan, no one moved. AHEUhAUEhuaEe.. gile.. sampe 3 kali juga gitu kira2 ko joni ngomongnya, baru mereka noleh kekanan kiri and salaman. Mereka bener2 tense and ga ada suka cita.

Then ibadah nya mulai… Dr. Goh yg preaching. He preached abt kasih Tuhan, and HE who gives second chance. I can see from his sharing, dia tuh bener2 compassionate banget ke para convicts ini. And slowly, gue ngeliat those convicts’ faces soften, and as I looked at their faces, gue jadi ada sadness. Ada bapak2 yg udah lumayan tua, he wiped his tears a few times. And gue yg pertamanya ngerasa serem ama mereka, langsung ganti 180 derajat. I could feel their pain and langsung rasanya pingin give them a hug🙂

p1040097s.jpg

And disaat ibadah selesai, kita kan line up salaman ama mereka satu2. As gue salamin mereka, gue ngeliat ada banyak yg ga berani ngeliat mata gue. I think because they feel ashamed or ngerasa that people judge them unworthy/sampah masyarakat. So that’s why as gue salamin mereka satu persatu, gue looked straight into their eyes and gave them my biggest smile hehehe coz they need that… and ada satu bapak2 yg tua banget, and when he looked at me, he also gave his biggest smile and I saw his eyes sparkled in joy gitu…. very touching lah..🙂

After the prison, kita ke desa Kebandang. Doing the same thing. Pengobatan etc.

On the way back to Waingapu, kita dikasih hadiah ama Tuhan, dikasih liat 2 pelangi.. hehehehe… Cantik banget pemandangan di Waingapu ini.

p1040060s.jpg

Then ama Jonathan, (anak Pastor Andreas), the coolest guy in town, hehehe, kita diajak liat2 jalan2 liat pemandangan. Pisah dari mobil lain. And gue so in love with pemandangannyaaaaa… bolak balik ngomong gileeee kereeennnnn, apalagi liat ada kuda2 liar lari2, aduh keren banget lah kayak lukisan. Sampe si Jo itu bilang ke gue, “udah ci, ntar cici poto pre-wedding di Sumba aja” hAUEhuAEHuAEHaEee… tapi beneran bagusss banget…

Dipoto mungkin kurang keliatan. Tapi when u are there, kerasa banget, so majestic and so dreamy… gunung2nya.. lakenya… kudanya…

p1040067s.jpg

Beneran kayak dilukisan….

Poto dibawah ini, gue lagi duduk di pinggir dam, and tinggi banget and pinggir banget gue duduknya, sampe si Jibrael, lemes ngeliat gue duduk disitu, sambil ngomong terus “Aduh ciciiii, ayo siniii cepetannn balikkkk. Aku serem liat cici disonoooo, soalnya aku tau banyak orang yg mati jatuhhhhh” hehehe

p1040071ss.jpg

Poto below is to see how high it was… Tuh keliatan kan gue seupil merah2 diatas tuh…

p1040075ss.jpg

Seru banget buat gue sih hehehe… Diliat di poto kok ga tinggi2 banget ya, tapi pas disitu, lumayan sih pas ngeliat ke bawahnya. Apalagi suara damnya kan deres gitu. Lumayan serem… tapi seru…

So after that, kita balik ke Waingapu. And gue mesti siap2in seminar buat murid skolah Theology nya. And praise God, it went well too. Breakthru buat gue juga.

So yah, next day kita balik ke Bali and reach Spore malem.

Hmmm… now gue mao tulis the conclusion, inspirations and breakthru yg gue dapetin selama trip ini.

Tuhan luar biasa. Sehabis gue ngebawain seminar yg buat students2 theologia, ada beberapa yg come up to me and said that sebelum mereka dateng, mereka membawa banyak pertanyaan. And seminar nya menjawab pertanyaan2 mereka. Ada satu cowo yg bilang that he finally found kebenaran Firman, and dia akhirnya berani ngambil a major decision of his life regarding pasangan idup. I can’t say it here, but gue tau it’s not an easy decision. Tapi itu udah mutlak syarat dari Tuhan yg harus diikutin. Yg satu lagi, he was confused with his sexuality, and akhirnya dia juga menemukan jawabannya. And beberapa dari mereka commented that seminarnya mengena dan menusuk mereka and they learned kebenaran Firman Tuhan.

Gile.. I am so blessed to know that I blessed them with my seminar. And itu Tuhan banget. Gue tuh struggle for a week for these seminars. Ngerasa ga mampu banget lah. Apalagi yg namanya Skul of Theology, gue ini ngerasa, sapa gue man, sekolah theology aja ga pernah kok mao ngajarin mereka. Apa yg gue bawain itu most of it dari pengalaman gue sendiri, and pewahyuan2 Firman yg dibuka ama Tuhan ke gue. And tentu aja dimentor ama my mentor hehehe, supaya gue ga melenceng. And u know what she said? when I ran thru the material with her before I went to Sumba, she said ‘Perfect’ HAEUhAUEhuaEHae.. gile. Itu smua karena gue ngalamin sendiri sih, for the past years, gue dibukain banyak hal ama Tuhan.

Gue bisa bilang materi seminar ini dihasilkan dari selama gue doain abt something for almost the past 2 years. And buahnya WOW. Gue amazed banget lah ama Tuhan.

Gue jadi keinget ama Pastor Danny yg bilang gini ke gue dulu during Summer Mission.

“Sometimes you asked God, why each time u offer urself whole like a loaf of bread to Him, u got it back broken into pieces. But it is like Jesus. He had to break the bread to feed many others”

And now gue ngerti… perjalanan gue selama dua taon trakhir ini emang sakit banget prosesnya. Gue dibentuk abis2an ama Tuhan, sampe rasanya harga diri gue sbagai cewe itu dipermainkan. And gue bener2 dibroken ama Tuhan.. but He never let me go selama proses itu. Malah gue jadi lebih ngerti betapa sayangnya Dia ama gue. Ga peduli dunia atau orang lain melakukan apa, kasih Tuhan itu cukup buat gue and gue ngerasa amaaaaannn banget dalam Dia. Gue jadi lebih ngerti how He works and His character, and itu berharga buuuanngeeetttt.

Tuhan itu emang paling tau and jago dalam membentuk anakNya… HAUEhuAEhuAHEEAe

There was one night, yg hati gue ngerasa sakit banget, and gue jadi keinget ama omongan Ps. Danny tadi, and I said to God “Lord, is this what You meant by I have to be broken?”… and gue bilang ke Tuhan.. “sakit banget Lord… I dont know how I can survive this…” Tapi Tuhan bener2 tunjukin kasih sayangnya ke gue. And gue akhirnya bisa recover in few days.

Now when I look back.. all those trials, all those suffering for the past 2 years, it’s all worth it. Hasilnya, buahnya.. gue bisa bagiin ke anak2 skolah Theology itu, and the feeling of ‘me being broken to feed their needs of kebenaran Firman Tuhan’ wow… itu bener2 amazing banget. Sampe after the seminar, ada murid Theology yg bilang, “sepertinya kalian ini datang untuk aku.”🙂

Yah I can finally say, gue ga sedih and regret no matter what the outcome yg didoain dari 2 taon ini. Mao ‘iya’ or ‘ga’ outcomenya, I know it’s all worth it. hehe.. breakthru buat gue lah.🙂

Special thanks to certain someone for being so blur and ga peka in the first few months. U know who u are.. HAUEhAUEhuAEhaEe😛

And one more thing… gue still amazed ama kerjaan Tuhan buat gue. Gue ga nyangka. Waktu sehabis seminar, si Tante Enny, pastor dari Jakarta itu, she came to me and said, “Nel, nanti kamu bisa diundang ke Jakarta untuk berbicara di skolah2. Nanti kalau tante udah buka sekolah, kamu akan tante undang.” Then another organizer came to me and nawarin gue ngomong di radio anak muda Kristen Sumba… and the next trip gue kesana, dia mao gue dateng and adain Seminar reaching abt 1000 high skul kids. Gue cuma bisa bengong, so amazed by HIM. Bener2 Tuhan yg mampuin gue… if only u know how much I struggled, ngerasa ga mampu banget and so intimidated sebelom gue pegi Sumba HAUEhAUEhuaHEe.. sampe pernah nangis2 juga coz I was reminded of some not-nice-stuff from Summer mission .. sampe ama Tuhan gue disuntik terus, dikasih terus Firman2 Dia yg menguatkan. Tanpa itu gue pasti udah abis man…

So that’s why gue smakin amazed aja ama Dia.

Hehe.. so gue pulang ke Spore dengan rasa puas. Ngelakuin pekerjaan Tuhan itu menyenangkan sekali.. hehehe.. meskipun gue harus dibroken untuk itu. It’s all worth it coz buahnya untuk mengenyangkan orang lain, memuaskan hati yg mencari2 jawaban. Rasanya enak banget HAUEhaUEhuaehe..

Emang the trials that we are facing, itu menghasilkan buah2 yg luar biasa dari karakter kita. Gue ngerasa gue jadi lebih dewasa dalam pengertian akan Tuhan, meskipun baru sedikit nambahnya, karena Tuhan itu dalaaaaaammm banget. So that’s why gue so excited, apa lagi nih yg Tuhan bakal bukain hehehehe…

Here is a little video of our Sumba trip.. must watch

The whole team poto2 before we flew back to Denpasar. Most of us from different churches. Cool ya… hehehe

n568265136_2371652_1618.jpg

Btw, next mission trip kayaknya bakal ke Samosir lagi. Kmaren ko joseph ngajakin, dia udah mulai rencana in. And this August kemungkinan besar gue ikut Tante Maria and Om Tek Houw ke Sumba lagi. Either that or Summer Mission. Tapi gue prefer ke Sumba sih, because kalo SM itu bener2 big scale, and we don’t really have time to mingle with penduduknya. Tapi kalo Sumba ga jadi ya pasti ke SM deh mestinya. We’ll see…

——————————————————

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita – Efesus 3:20

10 Responses to “Sumba Mission Report!”


  1. 1 Ryan February 20, 2008 at 2:39 am

    Wow that look awesome! Is Sumba in Malaysia?

  2. 2 nelotte February 20, 2008 at 2:43 am

    Nope.. it’s in Indonesia

    2 hours flight from Bali… and somewhere near Timor

  3. 3 irene si imut February 20, 2008 at 10:25 am

    ci!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!KEREN2!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BTW, di video nya ada yang pipi nya begitu,itu knp?

  4. 4 nelotte February 20, 2008 at 11:25 am

    dia abis ditendang kuda

  5. 5 jonathan February 21, 2008 at 1:35 am

    Sumba bagus jga ya ci hehehe….

    ciiiiiii…. salah tuh bukan redang but RENDE. ok..

    kapan ke sumba lagi?? ditungguin tuh sama anak2 muda sini, kita benar2 diberkati n banyak ngerti bout love and sex.. thanks sist for everyhing u shared..we are truly blessed..

    jangan lupa ke sumba lagi ya, awas kalo ga datang gw jemput heheheheheheheh………

  6. 6 nelotte February 21, 2008 at 1:48 am

    oooooo RENDEEEEEE!!! Jauh amat hHEheheahhee

    kalo gue ga dateng ke Sumba, loe jemput????? JEMPUT DEHHHH KE SINGAPOREEEEE!!!!!

    Gue mo kenalin loe ke salah satu anak rohani gue (cewe!)… cocok nih kayaknya hAUEhUAEhUAEHuAEHuAE

    Udah loe skolah di Spore aja😛 hihihihi

  7. 7 jonathan February 21, 2008 at 3:23 am

    gak ah kejauhan hehehe, jemput di airport aja yo…..
    hahahha.. kok malah jadi kontak jodoh… pengen banget ke sgapore.. nanti ya, ak pasti kesana hehe..

    mau ke samosir ya? belok aja ke sumba hehe…🙂

    salam buat yang laen ya kalo ketemu .. ok …

  8. 8 nelotte February 21, 2008 at 3:33 am

    gile samosir dimana, sumba dimana.. beloknya jauh amat…

    ok deh, gue tungguin kalian.. gue kaget juga ternyata si Timmy ga pernah ke Spore. Gimana sih, Spore itu tempat yg harus dilewatin… gue ada ajak dia July ke sini sih. Anak2 youth gereja kita bakal adain concert reaching abt 1000 Sporean youth, tema nya ttg Glorifying God… dateng aja.. pasti seru abis..

    bawa tuh si jibrael, dany, etc etc pak lurah juga skalian. Sapa tau pak lurah Sumba dapetin jodoh di Spore HAUEhAUEhUAEhuAEhae..

  9. 9 echa May 24, 2012 at 1:34 pm

    itu bneran emg kya lukisan ya ka, bagus bgt…dlu ak mkirnya sumba kering kerontang tak ada apa2 utk diliat…smpe ngliat di Google, trnyata ak salah..
    pengen jg bisa ksana…, dlu smpet punya tmen2 anak sumba yg dsekolain playanan diBandung…
    …. tapi entah kapan bs ksana…hhehe


Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

