Update on Sumba

Kmaren ini gue kenalan ama satu cewe yg sangat menarik.
Namanya Maria. Udah umur about 40+. And she is actually a missionary and has been living in Sumba for past 4 years. Dia dateng ke Spore buat holiday. But she will be back to Sumba this Monday.

Seru banget dengerin cerita dia. Dia tuh aslinya orang Surabaya, and in 2004 dia ngerasa Tuhan panggil dia untuk pergi misi ke unreached region. And akhirnya she went to Sumba, leaving everything behind. Nah desa yg dia tinggalin sampe skarang masih ga ada listrik. And susah banget dapetin air. Sangat2 kering and tandus. Kalau mau mandi harus jalan kaki satu jam, and ngumpulin air di jirigen itu nungguinnya bisa 4-6 jam. Most of the villagers cuma mandi sebulan skali. And ci Maria ini tiap kali mo ambil air, dia harus jalan sejam itu, mending kalo di hutan, tapi ini bener2 panas, anginnya juga panas, tandus etc. Then dia juga pulangnya nenteng2 jirigen 5 kilo on each hand, jalan selama satu jam man. Gile bener.

Dia juga cerita, beberapa desa di Sumba malah parah banget ga ada persediaan air sama skali. Skarang udah ada World Vision, a non-profit charity organization yg akhirnya setiap minggu bawa truck ngedarin air. Jadi orang2 desanya pada kumpul untuk collect the water. Kalo ga ada itu, mereka ga bisa minum sama skali. Parah ya.

Her home disana juga yg dindingnya terbuat dari daun pisang, lampunya pake ‘pelita’, I guess itu kayak lampu minyak kali. Tidurnya di papan yg ga rata, coz the villagers cut them straight from the tree in the forest.

And wc mereka dimana2, sejauh mata memandang itulah wc mereka hAUEhUAHEuAE. Ci2 itu cerita, biasanya kalo boker harus hati2, selain serem kalo sampe keliatan orang, juga harus look out for babi yg berkeliaran. Babinya suka makan bokernya orang soalnya hAEhAUHEuAHEAE.. Gileeee.. jadi cici Maria bilang, ya kalau dia abis boker, ditinggal aja, ntar juga ada babi yg bakal abisin HAUEhAUEhuAHEUAEHAE.. WALAOOOOO… Sekarang anda2 pemakan babi tau lah ya babi nutrisinya dapet dari mana!!! HAEuhAEUhAUEhAE

She also said waktu taon 2004 dia dateng ke Sumba itu, disana lagi bencana belalang. Udah sampe taon ke 6, Sumba diserang ama belalang. Bener2 yg kayak di Bible, yg Tuhan mengutuk Pharaoh dengan tulah belalang or Plagues of Locusts. Nah di Sumba itu exactly like that. The entire land covered with belalang. Mereka berjuta2 datang tiba2 dan pegi tiba2 juga. And each time they came, every spot yg mereka datengin, pohon, daun etc etc, pasti disapu habis. Cici Maria said, habisnya sampe pohonnya pun ga ada sisa.

Nah miraclenya adalah, saat ci2 Maria dateng kesana taon 2004 itu, for the last 6 years mereka diattack belalang kan. Waktu ci2 Maria tinggal dan menginjili disana, banyak orang bertobat and the next year the locust never come again sampe skarang!!! Wow… that’s bener2 Tuhan banget lah.

Then gue nanya2 dia keadaan di Sumba, dia cerita kalo abis penginjilan selalu pulangnya gatel2. Karena disana banyak kutu2.. kutu babi la, kutu apaan lah, u name it. Wah gue serem juga kalo itu. Gue pernah tuh misi yg di Samosir, ga tau kena kutu atau apaan, kata orang2 sih semacem flies yg kecill banget tapi bikin gatel. Nah pas sepulang Samosir, tangan gue banyak spot2 merah and gatellll banget, and ga bisa hilang for about 2 months. Waktu disono gue ngeliat sih and sempet potoin satu anak cewe yg baru pindah ke Samosir gitu, and belon terbiasa ama flies nya, jadi alergi. Tapi orang2 yg emang udah tinggal disana lama2 udah ga alergi lagi.

Nama anak cewe itu Yanti, and ini gue sempet poto tangannya. Kasian banget. Sekujur tubuhnya, kulit dia yg terbuka itu kayak gini smua.
.

skindis.jpg
Serem ngeliatnya. Gue cuma sehari aja dikampung itu kena banyak banget merah2 ditangan gue and gatelnya ga ketulungan. Makanya gue was2 nih ama yg di Sumba.

Gue pingin banget datengin desanya cici Maria ini. But this coming Sumba trip kita ga bakal datengin desanya dia, tapi kita akan dibawa ke desa yg belon pernah di reach juga. That what we are planning sih. And the seminar bakal diadain di skolah yg di capital citynya lah.

Gue pingin banget ke tempat2 desa2 yg seperti desanya ci Maria. Yg sengsara2.😛 I wanna see how much I can take sih sebetulnya. Pingin tau sejauh mana gue bisa suffer… AHEuhaEuhaUE And biasanya di tempet2 seperti itu gue bisa ngerasain hal2 yg membuka mata. And that beats any holiday experience. Kalau udah ngerasain pegi2 misi, gue udah males banget ama yg namanya jadi turis melancong2 ke negeri2 mana gitu. I wanna go and see a lot of countries, tapi gue ga demen jadi turis, gue maonya masuk ke penduduknya and see how they live. Itu yg lebih rewarding buat gue. Kalo sightseeing as tourists rasanya so ga menarik banget.

Kadang2 kalo pas lagi misi gitu, and kamar mandinya jorok banget or tempet tidurnya ga enak banget, gue masih ngomong ke diri sendiri sometimes. Kayak regreting gitu ngapainnnn coba gue menyiksa diri sendiri. Mandi ga beres, mo minum kadang2 ga bisa, tidur kepanasan, digigit serangga2 ga jelas.. ga enak di badan lah pokok e… Padahal di Spore, tidur ada AC, kamar mandi pake air panas, nyaman, nikmat… Kadang2 regret aja putting myself in that kind of situation.. Tapi kalau udah pulang Spore, ehhh pingin lagi pegi AHuehAUEhuAEHae.. ya gitu deh.

And skarang sih kalo gue come across hal2 yg ga ngenakin banget di misi, gue swallow my ‘ga enak feeling’ and block every negative thoughts and just say to myself.. “well.. inilah panggilan loe. Namanya juga misi. Have to bear with it!! OK!!” hehehe.. Most of the time, that works sih.🙂

But gue salut banget ama mereka2 missionary yg bisa tinggal bertaon2 ditempet yg mereka injili. Gue salut ama cici Maria ini. Kalo gue sih, I don’t think I can last that long. Mana tahan ga ada sambel terasi. HAEUhauEHuAEHuAE😛
.
Anyway… gue ada write a new page nih. Liat diatas menu gue yg warna ijo2, ada judulnya The Cast. Baca deh. Lucu looo hehehe😛 (or just click here)

0 Responses to “Update on Sumba”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

