Sabah Mission Trip

Yo kmaren ini gue pegi ke Sabah for 2 days. Ada acara pembukaan gereja IFGF gitu deh. Gue ga nyangka ternyata tempetnya itu lumayan di pedalaman, and dikampung. Kirain bakal di kota gitu, so gue ga bener2 prepared sih. Gue pakenya sandal yg gue pake biasa buat kerja. Enak sih. Eh ya gitu deh, gara2 itu, sandal gue yg aslinya sudah hancur jadi tambah hancur, abis ya dikampung gitu loh, jalannya banyak yg ga beres. Talinya putus lagi tiba2, jadi ya gue jalan2 dengan sandal putus hehehe. Lihat aja potonya. Padahal ini sandal sangat kucinta, meskipun udah bobrok.

In memory of my beloved sandal.

Sandalku sayank, sandalku malang.
sandal.jpg

I reli love that sandal huhuhu… tapi sepertinya sudah saatnya aku melepaskanmu…

Then di kampung Melampoi itu, gile anak2nya MANTAP ABIS. The best sunday skul kids yg gue pernah encountered!!! Mereka bisa perform without teachers, etc etc. Pokoknya keren bangettt, sampe jaw gue literally dropped pas ngeliat mereka. Every sunday skul teacher’s dream lah!

Udah gitu mereka cantik2 banget yg cewe. And cute2. Gue had so much fun hanging out with them. Untuk lebih jelasnya liat aja video yg gue ambil with them.

Amazing kan. They are so eager to learn. Ah I dont mind tinggal disono for a week. Kayak kapan ari kan pas gue libur seminggu ama si wira, gue stay di johor. And maonya kan next time kalo ada libur seminggu lagi gue mao ke Samosir kunjungin anak2 yg dulu itu. But kayaknya ke Sabah juga ok, lebih deket lagi kan. Wah pokoknya asik banget hang out ama anak2 disono. You can tell from my video lah.

Then gue tinggalnya di rumah adiknya pastor disono. Termasuk kawasan yg lumayan bagus sih kalau dibandingin ama yg laen di kampung itu.
sabahview.jpg

But… ada butnya… ternyata every sabtu malam and minggu malam, di kampung ini air dimatiin. So no water at all. Gue baru tau and terpaksa ngiriiiittt banget dikasih satu ember air buat mandi. But I guess ini much better daripada yg di Samosir kmaren ga ada air juga, gue cuma ada air setengah botol aqua buat mandi. Ya of coz ga mandi gue, cuma buat sikat gigi, cuci muka and lap2 doank.

Nah kan tuh rumah yg gue tinggalin di Sabah ada dua lantai. Gue ama yg laen tidurnya dilantai atas. Yg ternyata kalau mao ke WC harus turun keluar rumah and masuk ke lantai satu. Tapi harus dari luar rumah gitu deh. And ibu yg tinggal disitu bilang, “nanti malam pintu rumah saya tidak kunci, biar kalau malam2 kalian mao ke WC, kalian bisa masuk.” So yeah gue hepi2 aja, karena gue itu paling sering in the middle of bobo, kebangun buat pipis.

Malem pun tiba dan gue tidur dengan pulas karena kecapean. In the middle of sleeping, eh dasar, ada 3 sms tiba2 pada masuk smua. Gara2 signal nya ada lagi. Ya tentu aja gue kebangun. Pas bangun gue kerasa, wah bladder gue penuh nih. Harus ke WC. So yeah gue dengan ngantuk2 ga sadar, keluar dari lantai 2 mo turun tangga. Ampir aja terjadi kecelakaan beberapa kali, abis gue lagi ga sadar gitu disuruh turun tangga. And itu tangganya diluar rumah, and dingin lagi. And sepi buangettt.. Pas nyampe didepan pintu rumah, gue buka tuh pintu. Eh, dikunci…

Gue masih ga yakin, so gue coba buka lagi… but

eh beneeeran dikunci mannn. Aduh gue langsung jadi lebih sadar. Then muter ke belakang sapa tau ada pintu belakang yg dibuka buat bisa ke WC. Eh pintu sono dikunci juga… walaaooo, gue jadi fully sadar. OH NO, udah ga mungkin banget gue ga jadi pipis. Dah kebelet gitu coba. Gue tengok kiri tengok kanan, cari ilham.. alias cari semak2 hehhehe. Gile ga ada semak2 man. Semuanya cuma rumput2 pendek. OH NO… gue puter2in otak. Weleh ya udah lah, at the end gue jadinya pipis di parit yg bener2 terbuka viewnya HAUEhuAEHuae… serem. Tapi untung rada2 gelap kena bayangan rumahnya. So gue pipis disitu loh, while disebelah gue ada anjing yg lagi duduk jaraknya cuma 1 meter dari gue and ngeliatin gue lagi ngapain. And ga begitu jauh ada ayam2 yg juga ngeliatin satu makhluk aneh subuh2 gini lagi ngapain. hAUEhuaEHuaHEe.. Ini dia gue poto paritnya the next day buat kenang2an.

pipis.jpg

Hihihi, keliatan kan tempat terbuka gitu. Jadi inget kapan ari gue juga pernah pipis sembarangan di deket Opera House gara2 pas itu udah jam 3 pagi and toilet nya ga dibuka HAUEhaEHuaehe..😛

Pas pagi ini juga, ayam2 ga tau knapa pada ribut. Pada berkokok saut2an, ada kali 6-7 ayam, and lokasinya berjauhan. Udah kayak lagi gosip gitu bisa saling ganti2an berkokoknya. Gue can’t help wondering maybe their conversation is going like this…

Ayam 1: “eh eh, tau ga, kmaren subuh2 itu ya, ada satu cewe yg jalan2 and dia pipis diparit depan gue!”

Ayam 2: “ah masa?? gile tuh cewe hebat banget ga tau malu pipis didepan loe.”

Ayam 1: “iya, gue kaget man. And masih mending gue rada jauhan. Gue ga tau lagi deh si Bleki kasiannn (the dog) gimana traumanya ngeliat deket bangettt”

Ayam 3: “wah, gue mesti ketemu nih ama itu cewe, yg berani2 menodai mata si bleki and mata temen2 ayam gue. Yg mana sih dia?”

Ayam 1: “liat2 ya, cewe yg rambutnya panjang warna dicat, rambutnya rada2 rusak gitu, ga kayak cewe2 dikampung kita…”

and so on and so on…

hehehe.. jayus ya😛

Yah anyway, kok jadi ngomongin ayam.

Hmm, go back to the mission thingy.

Ini church yg di desa Melampoi ceritanya quite interesting. Mereka bener2 build dari scratch. Para jemaat2 yg di kampung itu yg jadi kuli2nya. Even anak2nya juga bantuin angkat2 etc etc.

konstruct.jpg
And this is basically the biggest IFGF church in the whole world. Bisa buat 1000 jemaat. And one of the amazing thing is how the Korean missionaries play a part. Mereka tuh dari satu church di Korea, and mereka punya panggilan to build churches in Sabah. So they set up monthly fund buat hal itu, bener2 dedicated nyumbang dana buat church planting. And panjang ceritanya, this church mao gabung with IFGF, so kita hand in hand ama orang2 Korea ini. We provide the workers, the people, equipping them and stuff, and yg Korean provide the funds coz mereka dibatasi ama bahasa lah ya. So thats where we come in. Cool kan. I have always been amazed with kerjaan Tuhan yg kayak gini. Kalo kita punya satu hati and satu visi, ga peduli loe ras apa, dari negara or suku mana, bisa aja walk hand in hand, coz we have the same God. Mantap lah. Gue jadi very inspired with the Korean missionaries sih. Kira2 baru 4 bulan yg lalu gue denger soal mereka. I never knew kalo mereka itu so dedicated soal mission. Pas di Summer Mission, kita ke kota Sintang kan. Nah disini kita kenalan ama yg namanya Pak Kim. Dia tuh Korean missionary, and he has been living in Indo for 21 years. Pertama kali dia dateng dia ga punya apa2, but now he built sekolah alkitab, orphanage and hospital. Wow banget. Just by one person, Tuhan bisa gunain segitu dasyatnya. Inspiration, man. Tuhan emang ga maen2 kalo Dia liat anaknya juga mao digunain abis2an. Mantap .. hehehe. Gue jadi interested banget pingin ke Korea lagi. Kan kapan ari ke korea cuma jadi turis, kurang lah. Next time kesana, gue pingin ke prayer mountainnya. I heard a lot of stuff yg bikin gue tertarik pingin liat tuh tempet. And gue tuh pingin banget liat ini liat itu. Pingin liat pekerjaan Tuhan dimana2 lah. Very2 interesting.

So ini kita poto with the Koreans and some penduduk.

p1030821-copy.jpg
Mereka ada 10 orang sih yg dateng, kita juga 10.

Then gue ada iseng2 masuk ke rumah salah satu anak penduduk sana. Kaget juga sih. Itu rumah panggung and bener2 ga ada apa2 isinya. Like what u see in the video. What u see is what you get.

insiderumahsabah.jpg

Click on image for larger view lah.

Anak2nya mantep lah disana. Gue pingin stay there for a week maybe next time. Cuma masih belon dapet revelation mo ngapain disana seminggu hehehe…

So… next one kemana nih missionnya.. hehehe.. kayaknya sih bakalan ke Batam, bantuin pastor Zulkian this time.🙂

————————————————————

– “Be content and do the small things that I have given you, then I’ll give you the big things. The big things for you to do for MY Glory” – 2003

6 Responses to “Sabah Mission Trip”


  1. 1 mangopudding October 8, 2007 at 7:54 am

    Hehehe…cewek gila…masak nyebarin to the whole world kalo lu segede gini masih pipis di got..and pernah pipis di jalanan di dekat Opera House lagi!!!! Sampe ada TKP nya segala!!! ampun ampun hehe…Nelly bener2 tak ada duanya~

    Kemaren iseng2 gue ngobrol ama Anita soal ministry, setelah gue tanya dia whether dia udah baca ur latest post di wordpress belum… “nit, kira2 ministry kita apa yah?”.

    Terus dia jawab “yang pasti nggak mungkin deh anything kayak Nelly punya. Bisa abis badan gue” —> dia kulitnya super sensitiv jadi dijamin gak bakalan tahan dengan kondisi mission lu yang serba gak ada air bersih, mandi cuman pake 1/2 botol aqua, mana banyak nyamuk dan lalat deh pasti hehehe

    —-> memang mission kayak gitu cuman elu yang bisa jalanin hhehe salut deh kita…si Anita ampe promosiin blog lu ke temennya lho..and temen nya sankin sukanya ampe ngakak terus pas baca blog lu =P

  2. 2 nelotte October 8, 2007 at 8:16 am

    iya gue tau, si sutrisno kan. Dia sampe nge add gue di friendster gara2 sangking ngefansnya HAUEhauEhuaEhuaeh😛

  3. 3 Chiechiet March 25, 2010 at 8:27 pm

    Hahahahahahaha..gw dl sehari sblm 4gut ke indo jg sempet pipis di park deket opera house situ..apa sih namanya, yg dl konon katanya t4 mogoy bule2 syd..*inget2*

  4. 5 echa May 24, 2012 at 1:29 pm

    wakakakakakak…di Opera House juga..wkwkwk
    btw ka, aku ud nyaris habis bcain post2 kk yg lucu2 kya gini yg dri taun 2005 sorrii ubek2..hhe, ada yg aku ktwa smpe megang2 layar laptop wekekek
    in lgi pusing hri in jdi nyari2 dsni yg lucu2 lagi hhuehe
    jadi selain post2 lnjutan yg how do i know
    dtggu jg yg lucu2 ka wekekek ;D


Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

