S.A.M.O.S.I.R

I loveee samosirrrr.. AHEuhAUEhAEe. Cakep bgt. Yah anyway, gue langsung cerita aja dari hari pertama ya.

DAY ONE

Bete gue. Satu memory card camera gue ilang, padahal banyak poto2 and shooting2 yg gue take di hari pertama ini. Baru nyadar ilang pas dah balik ke spore. Kayaknya jatuh huhuhu. Padahal ada yg cute2 banget. Anyway, perjalanan ke desa Tamba itu ternyata jauh skalee. Took one day. Kita nyampe di airport medan jam 8 pagi. Makan2 then naek mobil ke Siantar and Tomok, took 4 hours. Then naek ferry gede ke Pulau Samosirnya sejam. Selama di ferry itu ada anak2 yg nyanyi alias ngamen gitu buat kita. CUTE2 BANGET. Nyanyinya lagunya di ulang2 terus and teriak2. Gue ada shooting but ya itu lah hilang huhuhuhu. Tapi tony ada shooting sih pake camera gereja. Tapi itu ntar lah next blog gue taruh. Mereka tiap hari sehabis pulang skolah naek tuh ferry bantuin cari nafkah buat ortunya, sehari pernah paling banyak bisa dapet Rp. 65.000, tapi pernah juga ga dapet duit sama skali.

After ferry, kita naek mobil lagi. Jam 8 malem baru kita reached kota kecil yg namanya Pangunguran, kota yg paling deket ama desa Tamba itu. Hotel yg kita stay itu hotel bintang lima. But its cute, liat aja model lobbynya. Nonton tipinya rame2 and itu aslinya meja makan.

Udah gitu malemnya yg laennya dah pada mandi dan tidur, gue jam 12 malem masih belon mandi. Pas mao mandi, gue puter2 kerannya kok airnya ga kuar. Gue keluar and nanya donk ke penjaga hotelnya. Eh ternyata saluran airnya dah dimatiin, and after diskusi ama penjaga yg laen dia bilang ok deh dinyalain lagi. Ya udah gue tungguin. 30 menit gue menunggu kok ga nyala2. OK lah wat the heck, gue liat tuh ada botol air aqua isinya tinggal separuh, ya udah gue sikat gigi, cuci muka pake itu aja. Mandi pun ga, cuma lap2 doank lah. Ck ck ck ‘hotel bintang lima ala samosir’ HAUheuAHEuAHEAEe. Funky.

DAY TWO

Baru hari ini kita ngadain KKRnya. Dari kota Pangunguran kita naek mobil lagi about 1 jam, ke pelabuhan kecil. Sempat poto2. Cantikkkk.

Peaceful bgt ya.

Then kita naek boat for abt 10 mins ke desa Tamba.


Itu rumah nya bokap ko joseph. Yg dijadiin gereja second levelnya. The view was fantastic! Trus ya mereka adain KKR loh, while gue sibuk explore2 sendirian hihihi. Tapi gue sempet ikut nyemplung doain masyarakat desanya satu2. Interesting juga, abis gue ga pernah doain begitu banyak orang satu2 in one time. Buat healing and stuff.And mereka tuh haus banget minta di doain.

Penduduk disana majority orang Batak. Udah kristen tapi ya itu masih terbelenggu ama adat istiadat yg memuja berhala.

Btw kebaktian nya dari jam 10 pagi sampe 8 malem hAUEhuAEhaE. Acaranya: KKR, pelepasan, baptisan, pembukaan gereja ifgf Tamba. Selama acara berlangsung, guenya keliling HAUEhAUEHAUEe. Abis gue lebih interested getting to know lifestylenya mereka. Pertama kali gue kan ga kenal ama sapa2 penduduk asli sana. Eh tiba2 ada satu anak yg mao gitu di shooting. Then jadi kenalan deh, namanya Yabes. Then sejak saat itu udah deh jadi nempel HAUEhUAEhAE. Dari sana gue jadi bisa masuk ke penduduknya. Pas makan, team ifgf pada makan didalem rumah gereja, gue sih lebih pingin nyampur ama penduduk, so ya gue makan gitu dipinggir, duduk ditanah ama mereka. And gue sendirian ga ada yg nemenin, rada serem sih. Tapi gue approached anak2 kecilnya dulu. And salah satu ice breaker itu adalah kamera HAUEhAUEHuAEe. Mereka demen banget dipoto. And gue jadi ngobrol2 ama anak2 and ibu2nya. And semuanya juga minta dikirimin potonya kalo udah jadi. Gue ngerasa kok tiap kali mission trip selalu jadi potographer and kirim2 ke mereka gitu ya. Yg diJohor kan juga gitu hihihi. Yg kali ini gue mesti pake DHL, I dont trust indo post apalagi yg terpencil gini.


Nah disini baru seru membaur ama penduduk2nya. Gue ama anak2nya jadi lengkettttt banget. Dibawa kemana2 ama mereka. Padahal KKR lagi berlangsung guenya ilang kmana HAEUhAUEhuAEe. Sempat nyemplung ke danau tobanya. Sempat gendong anak kambing juga. ADUH LUCU BANGET PINGIN GUE GIGIT IDUNGNYA.

And kita ada jalan2 naek bukit dikit, sempat ketemu dukunnya segala. Seram man. Pantesan pas gue liat dia gitu hati gue ga peaceful, padahal dia ya modelnya biasa aja. Then abis gitu baru anak2 bilang itu dukun desanya. Sering pake ilmu hitam gitu la. And anak2 itu ada yg actually saw him pake jalangkung. Gue seremnya pas gue lewat pertama kali ama anak2, dia ngeliatin and sambil bilang ke Yabes “wah kamu kecil2 sudah ngerti perempuan ya?”.. then kedua kali gue lewat lagi, dia teriak lagi ke Yabes yg disebelah gue “Itu perempuan ku lohhh”.. walaooo.. Seram.. Padahal gue bilang ke anak2 itu jgn takut ama dukunnya, kan roh Tuhan lebih besar dari roh2 yg laen. Tapi ya tetep aja gue deg2an pas lewat dukun itu HAEUhAUEhAUEe.😛

Yah pokoknya the whole day gue diajakin jalan2 ama anak2nya. Pas cape, gue kan duduk di pinggir danau tobanya. Mereka bisa bilang ya udah kita disini aja duduk ngobrol2.. Gile, cute banget. Anak2 gitu loh, umur between 11-13. So yah kita jadi ngobrol2. Mereka nanya lah kehidupan di kota gimana and vice versa. And ada satu yg namanya erikson (anak2 disana namanya keren2 man, hUAEhuAEhuAE, ada erikson and robinson). Dia bilang, “kakak kapan kesini lagi? Nanti kalo sudah di spore, sering2 doain kami ya supaya tetap sehat.”…WAAAAAA, gue digituin jadi tersentuh bangetttt huhuhuh. Tau deh, mesti liat expresi tampang dia pas ngomong, menyentuh hati banget. And I’m so proud of them, ga pernah seumur hidup gue ketemu anak2 kayak mereka. Waktu kebaktian pas malemnya, lampu mati itu bisa ampir 10 kali. And tiap kali lampu nyala, si robinson yg duduk di sebelah gue, bisa ngomong “Haleluya”, “Puji Tuhan”, gitu terus never fail. And pas gue ama anak2 ini dah mao pisahan kan gue doain si erikson, yabes and robinson. Pas lagi gue doain gitu, si yabes selalu meresponi dengan “amin”, “terima kasih tuhan” etc etc. Kenceng lagi.. wwawawawa.. so cuteeee. Then abis doa gue bilang ke mereka “kakak bangga sekali liat kalian. Bisa segitunya ama Tuhan, ga pernah kakak liat anak2 seperti kalian seumur hidup kakak”… and mereka balas dengan “terima kasih kak”.. aduhhhh gileeeeee… gue dah klepek2 lah ama mereka.. AHEuHAEUHAUEe.

I can only say that gue beneran jatuh cinta ama anak2 disana huhuhuh…

Yg baju orange itu erikson, yg upside down itu Yabes. Si yabes ini bener2 banyak ulah, very2 friendly, and maonya di potooo terus. Itu kamera gue ampir half of them isinya poto dia semua HAUEhAUEhAEe. Udah gitu gaaayaaa banget kalo dipoto. Lucu.

Selain ama anak2 cowo ini, gue juga hang around ama anak cewe satu namanya Yanti, she’s very sweet. Pas pisah ama dia, gue kerasa berat man ninggalin. Sampe segitunya coba.😛

Then malemnya kita balik naek boat kecil itu ke kota pangunguran

DAY THREE

Perjalanan balik ke siantar and medan. Gue sempat ngobrol2 ama pastor Amos about certain someone hAUEhuAEHAEe. Dikuatin lah ama dia.🙂

Gue lumayan terpesona pas liat bill hotelnya. Murah banget gile. 3 kali makan buat 15 orang itu cuma Rp.100.000. Cuma $20… gile benerrrrrrrr.

Lucunya, pas nyampe medan, abis dari mission, cewe2 ifgf singapore langsung perginya ke Mall and creambath, spa, pijet, pedicure etc etc.. HAEuHAEUhAUEhAUEH. Untung gue ga ikutan mereka mobilnya pas balik. Bisa bete kali ya😛 . Seumur idup gue ga pernah creambath HAUEhAUEhuaEe. Pijet sih ga papa. Tapi yg kayak pedicure manicure mah males abis gue. Gile bener, gue ama mereka bener2 bedanya kayak langit dan bumi HAEuhEUhaEe. Lucu sih, ci inggrid ama annie pegi mission tripnya kayak turis modelnya. Si linda di mission kayak pegi shopping bawa tas yg digantungin disikut tangan AEHuAHEuAHEuAEh. Two of the girls pake sandal selop yg ada heelnya dikit. Kewalahan deh mereka pas kita naek bukit mo liat rumah penduduk. Cute banget laaah… hihihi. Bener2 keliatan ya panggilan masing2 bener2 berbeda. Gue didesa feel so at home, abis gue kan ga mind yg jorok2 gitu HAUEhAUEhuAE. Coba kalo di city, gue paling males ke shopping centre hAUEhUAEHuAEe😛 . BAru kali ini gue kerasa bener2 appreciate my childhood. Kan ortu gue orang bangka. And gue sering ke sana, ke desa grandparents gue. So since I was young gue udah sering tinggal didesa, maen2 disana. And I’m loving it. I love suasana desa. Jadi kayak pegi mission2 trip gini kayaknya bagi gue seru2 aja, ga jijik apa gimana, sepertinya dah biasa dengan kehidupan seperti ini. So I’m very thankful of my time di Bangka dulu hehehehe. Apalagi gue orangnya juga suka explore2. Sampe sering diomelin dulu gara2 suka ilang HUEhAUEhUAEHe😛

Yah anyway akhirnya gue sampe di spore lah. Malem jam 11 man. Cape but so much joy. Gue pingin banget balik lagi ke desa itu. Kangen ama anak2nya. Gue request sih ama Tuhan, maonya next time pegi sana, gue stay for a week. HAEUhAUEhUAE. Gile disana bener2 ga ada apa2 kalo malam gelaaaappppp bgt, bener2 terpencil, lampu sih cuma ada dirumah2. Tapi ya gue inget sih dulu di desa grandparents gue juga gitu, malem2 kalo mo kmana2 harus pake senter. Jadi balik jaman2 childhood gue hohohoho. Gue pingin pas balik sana, gue mao cobain bobo dirumah salah satu anak2 itu. Paling rumah Yanti, pingin nyobain rasanya gimana hehehehe. Pasti seru.

Hmm, di mission ini gue lebih jelas lagi vision dan calling gue. 🙂
Ternyata gue emang ada beban di mission, not becoz of certain someone. 😛
And I’m so thankful that gue diequip ama Tuhan buat do missions. Somehow, udah bisa keliat future gue nanti, gue ama suami (suami?? HAEUhAUEhuAEH) bakal kerja bisnis yg flexible, but most of the time, me, suami dan anak2 bakal pegi2 missions, and bisnis kita buat biayain misi dan pelayanan lah. Something like that. But its clearer now.

I reli want to go back to samosirrrrrrrr… seminggu boleh donkkkk. Kalo ga ada yg pegi, gue pegi sendiri deh. AHEuHAEUhAUEHAE. Tapi serem juga, abis kan gue juga orangnya nekat, suka explore2 sendiri, and pas di mission trip ini beberapa kali gue diapproach cowo2 yg gue ga kenal di jalan. Pada nanya macem2, ngerayu2 minta dipoto berduaan ama gue, nanya2 gue ada pacar ga, ngajakin jalan2. Walah, gimana gue ga serem digituin. Makanya jadi kalo gue kesana sendirian mah rada2 serem juga. Kmaren kepikir sih mungkin bisa ajak wira lagi HAEUAUEhUAEhaE. Gimana wir? your next mission trip after johor, ikut gue lagi ke samosir?? siapin deh duit loe. hAUEhAUEhUAEe.😛

Untuk penutupan, gue kasih my most favourite photo during this mission trip. I love the viewwwww!!!


Hang on kids, I will be back. HAUEhAUEHUAEHuAEe😛
(btw tuh liat si yabez gayanyaaaaaa)

————————————————————————————————-
“Evangelism is your thing. Mission is also your thing. God is preparing you” – pastor Amos

4 Responses to “S.A.M.O.S.I.R”


  1. 1 tongginghill February 20, 2008 at 5:55 am

    Syalom, salam kenal.. gua anak Batak klahiran jakarta yg mendalami budaya batak, musik batak dan lingkungan alam Danau Toba.

    Tks ya udah menyukai Samosir, kampung gue. Memang Samosir pulau fenomenal baik alam dan spiritual. Penuh misteri yg bikin kita makin merasa kecil di hadapan Tuhan.. Slalu ngangenin. Loe aja ngerasain apa lagi gue yg asli orang sana…🙂 Denger cerita loe gue jadi pengen join ikut berdoa di Tamba..🙂

    “…Udah kristen tapi ya itu masih terbelenggu ama adat istiadat yg memuja berhala….”

    Sebenarnya adat istiadat aslinya dak memuja berhala lho… Orang batak Kuno mengenal HANYA satu Tuhan yang mereka sebut DEBATA MULA JADI NA BOLON. Artinya Tuhan Maha Pencipta yang Agung. Yang membuat dari tidak ada menjadi ada.

    Kedua, Orang Batak sangat menghormati leluhurnya. Namun BUKAN menyembah. Selayaknya Yesus, Daud, Salomo yang menghormati leluhurnya Abraham, Nuh, Adam, dll.

    Ketiga, Orang Batak yang asli, sangat dekat ke alam. Mereka percaya alam semesta itu adalah anugerah Tuhan yang paling berharga, jadi sangat takut untuk merusaknya. Makanya banyak ritual (yang sbenernya doa sama Tuhan) walau hanya untuk menebang satu pohon untuk bikin rumah atau perahu. Namun banyak orang Kristen yang tidak mengerti permasalahannya langsung menuduh, menghakimi, dengan sinis menyebut mereka “Sipele Gegu” yg bhs indo nya menyembah roh berhala. Kasihan kan. Orang orang yang yg gak ngerti itu lupa, mereka sudah menjadi TUHAN dengan menghakimi mereka. Dosa lho..!

    Jadi pada dasarnya tidak ada yang berhala di kepercayaan ASLI Batak jaman dulu, walauppun mereka belum mengenal Yesus. Karena memang misionaris Eropa baru masuk 1850an.

    Tapi memang, dimana2pun ada penyesatan. Bahkan Kristen sendiri ada aliran sesatnya. Di Batak pun juga begitu. Ada orang-orang yang lebih percaya dengan datu-datu walaupun sudah ke gereja. Ada juga orang Batak yang memanggil2 roh jahat yang menyesatkan. Itu adalah hanya sebagian orang yang lari dari adat istiadat Batak yang sebenarnya. Tergoda pada hal-hal duniawi yang menyesatkan. Ya kita doakan saja mereka supaya bisa kembali ke jalan Tuhan. Karena tidak ada kekuatan yang lebih DAHSYAT daripada Kasih Yesus.

    Jadi aku mohon sgn segala hormat, karena hanya segelintir orang, kita jangan men-cap SELURUH orang Batak di kampung sana masih nyembah berhala. Im sure you will agree.

    Anyway tks bgt udah mendoakan saudara2 kita disana… I really appreciated. They are really beautiful people who praise God all the time. Hope we can meet someday there.

    JBU

  2. 2 nelotte February 20, 2008 at 6:02 am

    HAEUhAUEhuaEhaueh ok deh.. penjelasan yg panjang skaleee…

    tenkiu2

    gue juga nulis nya juga dari penjelasan dari orang2 Batak sendiri yg mungkin juga ga ngerti kali…

  3. 3 rcdp June 25, 2008 at 1:46 pm

    wow… salam kenal buat tongginghill…
    tapi gw rasa, si nell gak bermaksud men-generalisasi-kan semua orang batak penyembah berhala hehehe😀😀 … ya kan nel..😛

  4. 4 nelotte June 25, 2008 at 2:19 pm

    yoi… awak benaaarrrrrrr


Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

