Johor lagiiii

Wah, gue cape banget. Kmaren abis balik dari Johor. Peginya Sabtu sih, pegi ama haka, budi, and septi. Gue ga ada rencana nginep, eh malah jadinya nginep sampe senin AHUEhAUEhuAHEAEe. And gue sendirian!!! Anak2 mengkhianatiku meninggalkan diriku sendirian di sono. huhuhu. Yah emang ga rencana nginep sih, cuma ya itu pas hari sabtunya yg mestinya kita kesana buat ngeliat pelayanan, eh malah isinya seharian itu cuma bisa dibilang holiday, alias maen2, ngunjungi kampung sih and sempat berburu biawak HAEUhAUEhuAHEea. Keren bgt la. Nah pas gue disana sabtu itu gue kerasa kok kayaknya ini mah holiday, bukannya pelayanan. So thats why anak2 ifgf johor pada suggest kalo mao liat ya nginep loh. Gue mikir and mikir, then akhirnya ya udah la, lagian si pastor bobby, pastur ifgf johor, mao ajak kita liat pelayanan di kampung hari minggunya. Oh well, skalian lah, gue pikir kalo udah kesana, and pulang begitu aja, tanpa liat pelayanannya, ya kan miss the mark gitu. But I’m really glad that I stayed. I saw and learned a lot of things. Inspiring things. Godly things. Humbling things. Wah pokoknya banyak la. Makanya ini bakalan gue blog hari per hari. Bear with me. Its gonna be freaking long hehehehe and banyak fotonya. So will take a while sih I think buat photo2 e appear.

DAY ONE

Nyampe di Johor, and yg semestinya kita ngunjungin satu kampung ternyata ga bisa. Gara2 banjir di kampung itu. Kan skarang di johor ada musibah banjir, satu kampung ada yg bener2 tenggelam abis. Ya gara2 itu kita ga bisa kesana, so yeah jadinya kita diajak makan ke restoran orang asli (orang asli itu smacem orang aboriginnya australia gitu la, tapi ini orang nativenya johor). So basically pas disana we had fun bgt sih. Naek boat gitu dianterin putar2 ke pulau satu ke pulau laen. Naek boatnya orang asli itu. Yg serunya pas kita pergi berburu biawak. Wah, kan kita kayak ke pelosok gitu ke hutan2. GILE PEMANDANGANNYA BENER2 MENAKJUBKAN!!! bener2 kayak keluar dari imagination gue. Seems like one of my dreams bener2 jadi real. Bener2 kayak steve irwin!!! yg cari2 crocodile pake boat gitu…

P1010074s

Bagi kalian sih mungkin pas liat poto diatas biasa aja kali. Cuma when we were there, wah pokoknya awesome bgt. Si septi aja yg biasanya ga suka ke hutan2 jadi demen bgt. Cuma dia jerit2 centil gitu kalo kena daun and pas ngeliat ada spider kecil deket dia HAUEhaUEhuaEHe. Pokoknya hari itu adventurenya bener2 Steve irwin style.

Then kita berhasil berburu 2 biawak. Tuh orang aslinya naek pohon kayak monyet, cepet bgt, terus gue ga tega liat cara dia berburu biawak yg ke dua itu. Gede bgt tuh biawak, kan biawaknya ada diatas pohon, buat bawa dia turun cuma ada satu cara supaya dia ga attack. Ya dipukulin gitu kepalanya. Walaooooo.. gue bener2 ga tega liatnya, dipukul berkali2 lagi sampe berdarah. Sadis. Gue kinda regret sih berburu biawak yg itu. Bener2 animal cruelty, gue sampe minta maaf ama Tuhan and ama biawak itu. Kayaknya kita jahat juga sih sebagai turis seenaknya aja bunuh2 binatang just for the thrill of it. Forgive me lord. Emang sih namanya juga berburu buat makanan. But I thought tuh biawak diburu langsung dibunuh, i’m ok with it. Tapi kalo sampe harus suffer, gue ga rela. I’m sorry Lord, reli2 sorry.

Ah jadi melan😛. Ya gue post picture nya aja…

P1010102s

Ya tuh gede bgt kan. Kalo yg dibawah ini yg kecil

P1010113s

Trus ya pas udah balik ke rumah orang aslinya, tuh biawak yg kecil dikulitin man. Ngeliatnya dah udah kayak pilem horror aja. Btw, kampung yg kita pergi ini, most of the houses built dilaut. Jadi ya kanan depan belakang laut smua yg keliat. Jadi mereka travel nya pake boat. Keren gitu la. WC nya juga ga kalah keren. Kayak begini nih. Si septi freaks out pas ngeliatnya hAUEhUAEhuAEe

P1010059s

Cuma lobang gitu diatas laut. Jadi ya semuanya jatuhnya ke air dibawah… HAUEhAUEhuAEHuaEe. Funky… Itu mereka juga masak air, mandi etc ya pake air itu juga loh. Si septi pas liat toiletnya cuma bisa bilang, wah nel.. ini mesti masuk blog!!!.. HAEuhAEuhaUEhe.

A little view for u guys, rumahnya kayak gimana. Pinggirnya2 itu tambak kupang alias mussel. And ada ikannya juga.

P1010061s

Trus ya kita maen disono sampe malem, nungguin dinner dimasakin ama si ibu rumah itu. Mestinya mo makan biawak hasil tangkepan, cuma ternyata mesti lama masaknya. So ibu itu masak kepiting and some other things ga inget gue. Gue cuma inget kepitingnya enakkkkkkk bgt. Ya kita duduk dipinggir laut, gue ama septi makan berdua sambil memandang pemandangan yg bener2 bagus bgt. Keliatan dari tempet kita makan itu, pemandangan kota yg sebelahan ama desa. Ironic sih. Kota penuh dengan gerlap, kalo desanya ya ada lampu tapi ya ga semegah kota.

Then mereka left me behind balik ke spore!!! sampe gue cuma bisa nyanyi dengan pasrah dimobil “All by myself” by celine dion.. HAUEhaUEhaUEhuae.

So yeah gue tidur di rumah yg namanya ‘House of Mission’. Itu emang tempat penampungan, sapa aja boleh nginep gitu la buat pelayanan etc. Banyak bgt man orangnya. And gue ya itu ga regret stay, from then on gue baru bisa ngeliat pelayanan dan pengorbanan mereka. Anak2 ifgf sana gitu. And rumahnya ya humble gitu lah modelnya. Listriknya aja pake generator. Kapan ari kena tanah longsor segala. Pas gue lagi mandi nih jam 2 pagi abis selesai ikut pelayanan mereka, lampunya mati, ya gitu la jadi gue dikamar mandi acaranya cuma bisa raba2 sekitar gue, mo naruh odol disikat gigi aja ga keliatan.. AHEuAHEuaHEuae. Menarik. Jadi tiap kali mati tuh generator harus diisi ulang pake minyak manually. Kayak ini nih, gue ada take pic dua cowo kota ya pretend to be cowo desa lagi ngisi minyak… HAEuhaUEhaUEe

P1010159s

Btw, mari saya perkenalkan mereka, Agus dan Anthony. Mereka full timer and part timer gereja ifgf johor, respectively. Alias jadi supir and tour guide gue slama gue disono HAEUhAUEHUAEHuAEhe😛. Si agus maksa2 gue suruh tulis2 ttg dia di blog gue. Suruh taruh diblog lagi, yg gue take video dia maen basket model gagal… AHEuAHEuhaEe. Tak bisa taruh video lah blog gue. Kalo mao juga ntar kapan2 gue send, slam dunk gagal ala loe… AHEuAHEuhAEUhaEe. Yah maklum lah awak sudah karatan. Kalo si Anthony ini ngakunya sih bekas binaragawan.. cieeeehhhh. Ga kuku..HAUEHuAEHuAEHuAHEe. But I’m very inspired to see you guys. Thanks bgt man, for letting me see a lot of things alias pekerjaan Tuhan disana.🙂

Kebanyakan yg pelayanan disana itu mbak2 dari indo yg kerja di pabrik. Jadi mereka dapet kontrak 3-5 taon. Mereka sebenernya tinggal di hostel yg disediain ama pabriknya. Cuma weekends mereka pasti tinggal di house of mission, buat pelayanan etc. I can see their heart for God.🙂

Tidurnya aja model kayak gini…

P1010163s

Gue sih dikasih tidur di ranjang. Gue ga tau kalo mereka bakal tidurnya kayak gini. Pas jam 4 pagi bangun, ngeliat mereka udah geletakan dibawah gitu, jadi amazed sih😛.

DAY TWO

Nah hari ini yg baru serious things happening. Kita bangun jam 6 pagi. Ada doa syafaat.

P1010137s

Pas lagi doa2 gitu, eh lampu mati lagi. Ya doa dalem kegelapan yg bener2 gelap.. heheheh. Btw mereka doa buat persiapan ibadah2 hari itu, yg jumlahnya ada 5. And bener2 deh, seharian ini gue liat their fire, their heart, their spirit. Bisa keliat kalo Tuhan itu udah jadi nomer satu buat mereka. Very touching, u know. Bayangin aja si pastor bobby, hari sabtu ama minggu itu ada 7 kebaktian, and semuanya dia yg kotbah. Nah hari ini gue ngekorin pastor bobby keliling. Bener2 deh, abis kotbah disatu tempat ini, langsung drive ketempat satunya. Bener2 packed. Jauh2 lagi tempatnya. Gue jadi ngobrol2 ama pastor bobby dimobil, and I can see he is a man of character. Tegas. Kagum juga sih, kalo bukan gara2 anugrah Tuhan, ga mungkin manusia bisa sekuat itu. Not just pastor bobby, but most of them yg disana kayak gitu. They put 150% in their effort, pelayanan etc. Si agus ama anthony juga sampe ga tidur2 gitu kan. Sampe pas mereka kecapean, mereka tidur di mobil di pom bensin segala. And selama gue disana, yg gue liat mereka tidurnya bisa like 3 pagi gitu baru bobo, then bangunnya jam 6 pagi buat nganterin mbak2 ini kerja di pabrik. Bener2 deh kalo bukan karunia Tuhan dah pasti burn out. And mbak2nya juga, kadang2 sampe ga tidur sampe the next day gitu la mesti nyambung langsung kerja.
Kalo dibandingin ama kita2, kita masih harus belajar banyak ama mereka. We take things for granted sometimes. Disuruh gini gitu males la, cape la. Mereka yg disana juga cape cuma spirit mereka lebih besar daripada kecapean itu. Thats wat I believe drives them, mao cape apa gimana the show still has to go on. Tuhan sendiri yg memampukan mereka, ya ga?🙂

Trus gue juga liat sunday skul mereka. Yg anak2 kampung itu. I learned something here. Ntar gue tulis dipenutupan aja.

Liat nih poto satu anak kampung abt 7 years old, bodynya kurus cuma liat deh otot tangannya. Katanya dia suka bantuin orang tuanya kerja, something like that. Dia jadi pamer2 ototnya gitu ke sisternya HAUEhuaEhuaee. lucu deh. Sisternya juga berusaha gitu neken2 tangannya sendiri tapi ga kuar ototnya hehhehehe.

P1010150s

Then setelah gue keliling seharian ama pastor Bobby, kotbah after kotbah, and gue ngantuk bgttttt gileeeee, dah kayak mo pingsan HAEUhAUEhuaHEe. Lack of sleep juga la. After that, anak2 ajak pegi makan a very early breakfast jam 2 pagi.. HEuhaUEhuaEe. Tuh bayangin aja si agus and anthony belon makan tuh sharian. Baru bisa makannya jam segitu gara2 sibuknya. Ck ck ck.

P1010156s

From left to right: Abang Happy (btw namanya kocak amat HAUEhAUEh), anthony, gue, agus. Btw gue mo cerita ttg Abang Happy ini. Dia kerjanya interesting. Kerja di suatu tempat yg bisa dibilang rehabilitasi. Rehab buat pembunuh, pemakai narkoba etc etc. Pokoknya orang2 yg tersingkir dari masyarakat. Abang Happy sendiri itu kerja sebagai pengawas disana, dia dikasih tanggung jawab ngawasin beberapa pasien gitu, salah satunya ada yg kena Down syndrome. And tempat ini rehab kristen, jadi mereka diajarin baca alkitab, doa etc. And kalo misalnya ada anak Tuhan yg melenceng, bakal dikirim kesana buat didisiplin HAUEhuaEhuaHEe. Ya bagus la, we need that kind of place dispore hehehe.😛. Gue waktu itu pingin kesana, ama Abang Happy bilang ga papa dateng. And I was planning kita bakal kesana the next day, but something else came up sih.

DAY THREE

Yesterday was a hectic day, but hari ini Agus and Anthony day off, jadi bisa a bit santai. Gue kan ada beli banyak pilem dvd  hehehehe, rencananya mo ke office mereka nonton lah pake projector. Tapi ya begitulah, ada yg come up. Itu ceritanya abis ini. Gue mo cerita ini dulu, kan dihouse of missionnya itu ada 4 anjing and mereka bau2 hUAEhuAHEuaHEe. Jadi pagi2 gue bangun jam 9 pagi then mandiin mereka HAUEhuAEHuaHEe. Cuma managed mandiin 3 doank. Yg satu lagi bandel bgt, tau dia kalo mao dimandiin jadi lari kalo disamperin. Coba kalo biasanya gitu dia selalu maonya nempel2 gue, padahal bau bgt. :P… Gue demen maen ama mereka, 4 anjing gede2.. jadi kayak pasukan gue aja.. AHeuaHEuhaEe

Nih poto tampang gue hepi mandiin anjing orang AHEuAEHuAHEuAE. Dah lama sih, jadi kangen sydney, and anjing2 orang yg slama ini gue pernah mandiin

P1010167s

Btw tuh anjing diatas, bekas anjing pelacak polisi. Cuma gara2 dah pensiun jadi disumbangin ke gereja. I like him sih, pas dimandiin cool bgt. Ga gerak sama skali. Bener2 well behaved. Pas hari ini gue ama Anthony spent our morning mandiin and cari kutu 3 anjing HAEUhAUEhuAEHuaHE. Kutunya man gede2..😛. Kalo dipencet mo bunuh tuh kutu, langsung crotttt gitu darahnya banyak HAEuhAUEhuAEHe. Bagi septi dah pasti horror buat dia HAUEhUAEHuaE.

Then kita kan rencananya ke kantor gereja buat nonton, but on that afternoon, ada dua orang Nepal dateng ke house of mission, and mereka mao jenguk temennya dirumah sakit. Ceritanya begini. Ini cowo Nepal, namanya Bishu, dikeroyok abt 100 orang, dipukulin. And sampe masuk ICU, udah 5 hari ga sadar. And 2 orang Nepal ini cerita. Mereka kan kerja di pabrik. Nah dipabrik mereka ini, ada orang2 yg cowo2 suka cari masalah. Mereka ga suka kalo ada pekerja laki2 yg deket atau ngobrol ama pekerja cewe. Sampe bener2 mukul gitu. And pernah one day, tuh satu cowo Nepal yg cerita, sebut aja S, gue ga inget namanya susah bgt. Si S suatu hari pernah ngomong2 ama satu pekerja cewe, eh abis itu dia disamperin ama beberapa pekerja lelaki, ditanyain knapa dia ngobrol2 ama cewe2 disana, and diancem, ditarik gitu kerah lehernya. Si S bilang kalo dia emang leader disana. Jadi at the end ga diapa2in ama mereka, cuma dikasih warning aja. Nah si Bishu ini gue ga jelas juga. Pas waktu di hostel mereka, pulang kerja or something, dia mungkin lagi jalan ama beberapa pekerja laki2 laen, and tiba2 ga tau dari mana muncul kira2 100 orang ngeroyok mereka. Yg dikeroyok ini 5 orang termasuk Bishu, yg 4 laennya ga parah. Tapi Bishu ini oh my god. Words cant describe. Gue liat kan masuk kedalem ICU nya, gue ga tega liatnya, jadi cepet2 keluar. Parah lah. Dia dipukulin pake kayu yg ujungnya dikasih banyak paku, and udah gitu kepalanya masih distab2 lagi pake pisau. When I saw the wound, I dunno wat I felt, kepalanya kan dibotakin, jadi keliat jelas, distapler gitu banyak dari kiri ke kanan, from one ear to another ear. And I could see dia kesakitan bgt, padahal belon sadar, tapi dari gerakan2 tubuhnya dia kayak menggeliat2 trus gitu. Ya gue ga tega lah liatnya pokoknya.

And the most saddening thing itu yg mukulin mereka orang2 indo. Maka itu si agus langsung cepet2 konseling in si S, supaya dia ga take revenge etc. Si S ini regular dateng ke gereja ifgf johor, tapi belon bener2 dijamah Tuhan. Dia cerita, dia ga tenang lah dengan kejadian ini. Dia beberapa hari terakhir itu kalo jalan mesti bawa pisau dikantong. Dia tunjuk gitu kantong dia pas cerita ke kita. And I felt very sad. I can see dia deep in thought sih, ya kita at the end doain dia juga supaya dia tenang.

Yah pokoknya gue bisa melihat sekarang bedanya pelayanan kita di spore and di johor. Kita disini reli take things for granted. Gue sehabis balik johor kan mandi dikamar mandi gue lagi. Pake air panas… wahhhhhh nyamaaaannnn bgttttt.. AHEuhaUEhuaehe. Disana ya gitu la mandi ga pake yg namanya air panas. Mandinya juga yg subuh2 gitu or pagi2, airnya dingin lagi. Gue mandinya juga harus dipikir supaya ga kedinginan. Jadi cuci rambut dulu, then baru mandiin kaki then tangan then baru badan. Pas badan gue gigit bibir aja langsung siram cepat2 hAUEhuAEHuAHEe. Nekat aja. Trus pas nyampe spore dikamar gue, wah bagaikan heaven deh mandi pake air panas, and tidur diranjang gue yg empuk and kamar ber AC.. AEHuAEHuaEHuahee. Jadi lebih appreciate little things.

Panjang nih entry. Hmmm, untuk penutupannya…

Gue pas disana, pas hari sabtu gue masih ga tau gimana gue bisa bantu. Then pas Minggu and senin baru gue bisa melihat apa yg gue bisa impart ke mereka. Ternyata banyak juga yg mereka butuh belajar. And gue dimintain tolong ama mereka for my knowledge and skill di bidang design, multimedia and sunday skul. And yeah talking abt sunday skul, pas gue liat disana mereka bener2 ga ada bahan untuk ngajar. Gurunya aja juga ga tau mesti ngapain. Bener2 ga ada pengalaman. And juga mereka juga ngajarin orang2 asli membaca kan, and mereka ga ada kurikulum gitu, jadi rada berantakan. So yeah gue sepertinya bisa membantu mereka dalam soal research sih. Gue bisa cari2 lah gimana caranya sistem yg bisa dipake buat mereka bikin kurikulum etc. Kan gue tinggal di spore gitu, yg banyak resources, and juga internet kan banyak. Kalo mereka kan ga begitu ngerti begituan. So yah thats where I can help la.

But .. ada but nya juga. Gue ngerasa gue bakal sibuk bgt. With the new international service and other stuff. Ya seems like gue bakalan bener2 di involved in di international service ifgf spore yg baru dibuka feb ini. Tapi ya itu, istri pastor bobby juga nanya gue gitu kalo bisa dateng ke johor tiap sabtu buat bantu2. Then gue bilang yah liat deh soalnya gue juga pelayanan di spore kan. Kata istri pastor, ya untuk sementara aja… AHEuhAUEhuAEhe… weleh, ya gue sih definitely bakal dateng lagi sih, but lets see lah ya. Gue juga ga mao do things yg Tuhan ga suruh gue do. Kan yg paling penting do what He wants me to do gitu la and gue ga mao melenceng dari sasaran. So we’ll see.

Ya gitu deh. Sekilas cerita dari johor. Bener2 eye opener. I really encourage anak2 kalo mao dateng, ikut aja. I’m going there again in March sih, after Aceh. Istri pastor bobby suruh gue dateng sana minggu depan HAUEhaUEhuaEHea. walao.. tak bisa la.. anak2 gue yg disini gimanaaa :P… But yeah, hari2 kmaren yg dijohor ini bener2 tak terlupakan .. cieeeeeeeeehhh… keliatan pelayanan mereka yg dasyat.🙂

Thats wat I like, u know, bener2 terjun ke masyarakatnya. So gue bisa tau kehidupan mereka gimana. Kalo holiday kan ya cuma cetek2 nya aja.

Ok gue tutup nih entry with poto penutupan. Ini diambil didepan house of missionnya. Very nice view.

P1010145s

And ini House of Mission tempat mereka and gue tinggal. Ini kayaknya pas lampu mati deh. Tuh keliatan juga anjingnya …

P1010139s

Cerita rumahnya juga menarik. Rumah ini aslinya a haunted house alias ada setannya. Then gara2 itu pemiliknya berusaha jual, tapi ga ada yg mao. Nah pastor2 ifgf suatu hari dateng sana apa gimana, pokoknya mereka ngusir tuh setan. And gara2 itu ifgf johor bisa dapetin sewa rumah itu dengan murah. And until now pemiliknya berusaha jual tapi masih ga ada peminat. And itu udah berlangsung slama 7 taon selama ifgf nempatin tuh rumah. And pastor bobby bilang, dia tinggal menunggu aja kapan pemilik itu bakal kasih jual rumah itu dengan harga bener2 murah ke ifgf johor.. hehehe.

So yeah, sekilas liputan saya. Ga sekilas sih, panjang gini HAUEhAUEhuaEe. gue juga cape baca lagi buat editnya hEHheheHHAEHee.

Ok bapak agus dan bapak anthony, nama awak berdue sude saye singgung2 di blog. Puas keh? Silakan taruh comment jikalau awak seronok… hAUEhuaEHuaEhuaeh bahasa opo iku… But yeah I’m very blessed to know u guys and the rest of the gank. KEEP THE FIRE BURNING YAH!! HAUEhUAEhUAHEe😛

7 Responses to “Johor lagiiii”


  1. 1 Erica January 16, 2007 at 10:49 pm

    serem banget rumahnya,and i thought i saw mata juga thu yg dibawah pohon sebelah anjingnya. aniwei.. cici lebih serem! tega kasian itu biawaknyaa huh

  2. 2 Nelly January 17, 2007 at 5:23 pm

    iya emang ada anjing lagi sebelahnya…😛

  3. 3 Sanny January 17, 2007 at 10:02 pm

    pengalaman lu seruuu bgt ya nel. but I`m glad kalo lu udah kenal Tuhan sekarang… jauh beda sama Nelly yg gue kenal dulu di sydney kali ya.
    keep moving and God bless

  4. 4 SOMUCH January 26, 2008 at 4:01 pm

    IH LUTUNA MAU DUNKS…………………………..

  5. 5 Chiechiet March 22, 2010 at 10:49 pm

    Adaaa kinclooooonnnngggggg~

  6. 6 nelotte March 22, 2010 at 11:32 pm

    iyeh iyeh… heheheheh disini dia masih kucel banget HAUEhaUEhaUehAUHEe. Liat tuh disono gue kurusssss abis, karena lagi dalam doa puasa selama beberapa bulan itu HAEuhaUEhuAHEuAHE

  7. 7 Chiechiet March 23, 2010 at 4:06 pm

    karena kucel makanya loe kasih julukan kinclong yaaa..ahahahahhahahahaha..


Leave a Reply

Quote of the week

We are not human beings having spiritual experience. We are spiritual beings having human experience.

Archives

Receive Blog Updates!

Add to Technorati Favorites
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

